Bangka  

Keluarga Nelayan Tradisional Rayakan HUT RI di Teluk Turun Aban

IMG 20220828 WA0009
Foto: Suasana perayaan HUT RI di Pesisir Pantai Turun Aban-red. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA — Meski lokasi perlombaan dirundung gerimis tipis, namun tak menurunkan semangat peserta perlombaan di pesisir Teluk Turun Aban lingkungan Matras Kelurahan Matras dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77, Minggu (28/8/2022).

Ketua Pelaksana perayaan HUT RI ke-77 Nelayan Tradiaional di Lingkungan Matras, Suryadi disela-sela perlombaan mengatakan, perlombaan kali ini pertama kali dilaksanakan di pesisir pantai.

“Pantai ini seperti rumah kedua bagi nelayan, tempat kami menambatkan perahu, laut ini tempat kami mencari nafkah, dan seluruh nelayan kecil ini adalah saudara-saudara kami. Jadi sudah selayaknya kami meramaikan tempat ini (Teluk Turun Aban-red),” ungkapnya.

Tak hanya anak-anak dan remaja, perlombaan ini juga diikuti peserta dari kalangan emak-emak. Galak tawa penonton menjadi-jadi ketika beberapa peserta mulai kepayahan lompat-lompatan dengan kaki hingga bahu diselimuti karung Goni, hingga berguling di pasir pantai.

Kepala Lingkungan Matras, Anggi Maisya selaku penanggungjawab kegiatan mengatakan kegiatan ini sebagai wadah untuk mempererat persaudaraan antar warga, khususnya nelayan tradiaional.

“Kita ingin warga kita khususnya warga nelayan kecil dan keluarga semakin solid semakin erat persaudaraan ditengah konflik sosial dan himpitan ekonomi yang semakin terasa berat hari-hari ini,” ungkap suami dari Dira ini.

Sementara itu, Yeyen selaku anggota penitia pelaksana kegiatan ikut menjelaskan, kegiatan dilaksanakan berbagai perlombaan, diantaranya balap karung pakai helem bagi anak-anak, balap karung ibu-ibu, makan kerupuk, joged balon, dan yang paking heboh lomba joged yang diikuti peserta anak-anak dan ibu-ibu. Sebelumnya kegiatan diawali tahlil dan doa bersama oleh seluruh peserta dan makan bersama di Teluk Turun Aban.

“Intinya, perayaann HUT RI Ke-77 tahun ini samarak dan bersemangat. Mudah-mudahan warga semakin kompak, solid dan tetap bersemangat,” kata Yeyen serambi mengepal tangan tanda semangat.(red/*)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas