29 TK/PAUD se-Kecamatan Koba Meriahkan Karnaval Kemerdekaan RI

IMG 20220815 WA0004
Foto: Aksi anak-anak TK/PAUD saat mengikuti karnaval kecamatan Koba. (Erwin/intrik.id)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-77, 29 Kelompok anak-anak dari berbagai lembaga Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kecamatan Koba mengikuti Pawai Karnaval PAUD, Senin (15/8/2022).

Camat Koba, Ema Febriyanti mengatakan kegiatan pawai digelar untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air sejak usia dini. Ia mengatakan tema yang diangkat yaitu Mencintai dan Melindungi Bumi Kita dari Kerusakan juga ingin menumbuhkan rasa kepedulian anak terhadap lingkungan sejak usia dini.

“Melalui pawai karnaval ini, kami ingin menumbuhkan kecintaan anak-anak kita terhadap kemerdekaan sejak usia dini, serta menumbuhkan rasa kebersamaan, dan kepedulian terhadap lingkungan,” kata Ema.

Ia mengaku bangga melihat kreativitas yang ditampilkan oleh anak-anak pada kegiatan pawai tersebut, dan terpanggil untuk mengembangkan karakter anak-anak kedepannya melalui berbagai kegiatan.
Selain kegiatan pawai, pihaknya juga akan menggelar gebyar anak yang rencananya akan digelar pada tanggal 25 Agustus 2022, yang akan diisi dengan kegiatan jalan santai, fashion show, dan menghias tumpeng.

“Karena kegiatan yang telah kita cetuskan ini berjalan dengan baik, rencananya tahun depan akan digelar pawai karnaval untuk anak-anak PAUD se-Kabupaten Bangka Tengah oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah,” katanya.

“Selain pawai, kami bersama Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini juga menggelar acara gebyar anak se-Kecamatan Koba tanggal 25 Agustus nanti, nanti kita ramaikan,” kata Ema.

Kabid PAUD pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Asmini mengatakan awalnya kegiatan pawai anak-anak TK dan PAUD digelar bersamaan dengan pawai umum, namun akhirnya disepakati bersama dengan guru-guru PAUD agar pelaksanaan pawai untuk anak-anak PAUD digelar secara khusus.

“Kemarin awalnya PAUD digabung sama pawai dinas-dinas dan umum, tapi masukan dari guru-guru PAUD itu sulit digabung bersama orang dewasa, sehingga pawai hari ini hanya diikuti oleh lembaga PAUD yang ada di Kecamatan Koba saja,” kata Asmini.

Sementara itu, salah satu murid TK Xaverius Koba yang mengikuti kegiatan pawai, Teresa mengaku senang karena merupakan kali pertama ia mengikuti kegiatan pawai.

“Saya senang jalan-jalan sambil bernyanyi bersama teman-teman, ini pertama kali ikut pawai, nanti mau pawai lagi,” kata Teresa. (Erwin)