Rektor UBB : Orang Tua Tidak Sehebat Anda, Tapi Mereka Orang Hebat

IMG 20220720 WA0000
Caption : Rektor Universitas Bangka Belitung ( UBB ) Dr. Ibrahim, M. Si saat memberikan kata sambutan dihadapan Wisudawan Angkatan XXV

BANGKA. MERAWANG. INTRIK.ID – Dihadapan 99 wisudawan Angkatan XXV, orang tua dan civitas akademika , Rektor Universitas Bangka Belitung ( UBB ) Dr. Ibrahim, M.Si menyebutkan orang tua itu orang hebat. Menurutnya tanpa kehebatan orang tua tidak mungkin para mahasiswa sampai pada tahap diwisuda.

“Lihatlah orang tua anda dan tatap mata mereka, dimana mereka sudah berjuang selama empat tahun untuk anda semua. Lihatlah cara mereka bersepatu, barangkali tidak sehebat anda tetapi mereka adalah orang-orang hebat yang telah mengantarkan kita sampai pada tahap ini ( Wisuda – red ),” kata Ibrahim, Selasa ( 19/7/2022 ).

Sebagai pandangan bagi para wisudawan, Ibrahim menuturkan terus mengasah kemampuan.

“Anak-anak sekalian, dunia kedepan adalah dunia penuh tantangan dan dominasi, dimana banyak pihak yang memiliki syahwat kuasa, intimidasi dan marginalisasi. Pada saat bersamaan kita memiliki kesempatan untuk berubah dan kemudian beradaptasi diri untuk mengatasi tantangan itu. Kata kuncinya adalah keterbukaan dan mau membuka diri, terus belajar dan mengasah sesitifitas kita. Maka itu, setelah lulus teruslah untuk belajar dan teruslah melihat kanan dan kiri,” ungkapnya.

Ibrahim memberikan pandangan, kuliah bukan untuk mencari pekerjaan.

“Tantangan kedepannya Ketika Ananda keluar dari sini dan mencari pekerjaan, separuhnya akan sesuai dengan keilmuannya dan separuhnya lagi akan bergeser dari ilmunya juga. Sesunguhnya proses kuliah bukan satunya jalan untuk mencari pekerjaan, melainkan sebuah sarana untuk membuat anda matang dan merdeka, ini adalah proses untuk membentuk karakter dan mentalitas kita. Hingga teman semuanya jangan meratapi dan bersedih jika pekerjaan yang di dapatkan tidak sesuai dengan jurusannya, karena dunia terus berubah, tentunya fleksebilitas menjadi keniscayaan. Akan banyak profesi akan hilang, dimana dulu banyak di imajinasikan oleh orang tua kita, tapi akan banyak profesi baru yang lahir dari kreatifitas dan perkembangan teknologi,” ujarnya.

Melanjutkan kata sambutannya, Ibrahim mengatakan Ilmu dan teknologi bagian dari UBB.

“Keilmuan dan teknoliogi merupakan dua hal yang kita dengungkan dalam himne UBB, keilmuan menjadi bekal kita dan adaptasi akan kemampuan belajar menjadi kunci kedua.Sampai wisuda XXV ini, UBB sudah meluluskan 6.634 wisudawan yang tersebar di berbagai instansi, baik di sektor formal dan informal. Selain itu, hari ini UBB juga melounching e-ijazah dan menyatakan bahwa UBB akan mulai mengunakan ijazah digital. Kedepannya ijazah cetak tidak akan lagi diterima, tetapi semuanya sudah berbasis digital dan menadakan bahwa kita transformasi terkait perkembangan dan kebutuhan teknologi,” tutupnya.

Berikut keterangan wisudawan angkatan XXV UBB :

Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi 28 orang

Fakultas Ekonomi 26 orang

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 10 orang

Fakultas Teknik 18 orang.

Sumber : Humas UBB

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas