Pemilik 8.873 Ton Balok Timah Asal Batu Belubang Masih Misteri

FB IMG 1658826042159
Foto: ilustrasi balok timah

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Pemilik 8,873 ton balok timah ilegal yang disita tim Satgas gabungan Polda Bangka Belitung masih belum menemui titik terang hingga saat ini, Selasa (26/7/2022).

Padahal sebelumnya tim satgas gabungan Polda Babel berhasil mengamankan 8,873 timah di Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru hari Jumat (22/7/2022) pukul 22.00 WIB di rumah seorang warga berinisial RA alias Ramon.

Balok timah yang diamankan terdiri dari 7.776 Kg Balok timah, 34 Kg balok timah berbentuk bulat, koin timah seberat 9 kg, dan balok timah kuning seberat 1.054 kg.

Hingga kini pemilik dari timah balok tersebut belum juga terungkap dan masih ditangani oleh Polda Babel.

Dua tersangka RA alias Ramon dan SA alias Sahputra berperan sebagai pemilik gudang dan supir yang membawa timah balok tersebut telah diamankan Polda Babel untuk dimintai keterangan.

Penyidik Direktorat Reskrimsus Polda Bangka Belitung selain masih memburu pemilik timah ilegal ini.

“Mereka sudah kita tetapkan tersangka dan kita tahan,” ungkap Direktur Reskrimsus Kombes M Irhamni.

Penahanan tersebut juga dalam rangka pengembangan penyidikan yang terus berlangsung. Kasus ini sendiri langsung mendapat atensi besar Kapolda Irjen Yan Sultra.

Ini terlihat dari peninjauan langsung oleh Yan atas barang bukti truk serta muatan timah hasil pengungkapan pada Jumat malam (22/7).

Kabid Humas Polda Babel Kombes Pol Maladi saat dihubungi intrik.id pada Selasa (26/7/2022) belum menanggapi sampai saat ini.

Kasat Reskrim Polres Bangka Tengah AKP. Wawan mengatakan penangkapan tersebut masuk wilayah hukum Polres Kota Pangkalpinang meskipun secara wilayah administrasi masih dalam wilayah Bangka Tengah.

“Itu (Batubelubang, Pangkalan Baru-red) wilayah hukum Polresta Pangkalpinang. Kita tidak ada wewenang. Itu tangkapan Polda Babel juga,” jelasnya saat dihubungi via whatsapp.

Hingga kini kasus tersebut belum ada perkembangan terbaru. Pihak intrik.id juga masih berupaya mencari informasi terbaru.(Erwin)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas