Momen Idul Adha, Polres Bangka Tengah Potong 8 Sapi dan 6 Kambing

IMG 20220711 WA0001
Foto: Para anggota polres Bateng sedang memotong daging sapi dan kambing di halaman belakang Mapolres Bateng.(Erwin/intrik)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Polisi Resort Bangka Tengah (Polres Bateng) memotong 8 ekor sapi dan 6 ekor kambing di Halaman Mapolres Bateng, Senin (11/7/2022).

Dalam acara tersebut, terlihat seluruh personil Polres Bateng sibuk memotong dan menimbang daging sapi dan kambing untuk dibagikan ke anggota lainnya serta masyarakat sekitar.

Kabag SDM Polres Bateng Kompol John Piter Tampubolon selaku Ketua panitia kurban mengatakan hewan-hewan tersebut merupakan sumbangan dari seluruh personil kepolisian di Bangka Tengah.

“Hari ini kami melakukan pemotongan sapi untuk merayakan Idul Adha tentunya dan juga berkurban sebanyak 8 sapi dan 6 kambing,” ucapnya kepada pihak intrik.id.

Ia juga menjelaskan kegiatan tersebut merupakan program rutin Polres Bateng yang selalu dilakukan setiap tahunnya.

“Program ini rutin setiap tahun kita laksanakan. Program ini pun tercipta karena sumbangan dari semua personil Kepolisian Bangka Tengah serta ada juga sumbangan dari BAZNAS dan PT. Timah,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Bangka Tengah, AKBP. Moch. Risya Mustario berpesan bahwasanya kurban ini dilakukan untuk mengingatkan anggota Polres Bangka Tengah agar selalu menjadi anggota yang melayani dan mengayomi dengan ikhlas tanpa pamrih.

“Hal ini dilakukan untuk mengingatkan semua anggota agar selalu bekerja dengan ikhlas dan tanpa pamrih sebagai pelayan masyarakat. Kita tentu harus selalu masyarakat. Dengan kurban ini lah kita diajarkan untuk ikhlas,” pesannya.

Ia juga mengatakan pihaknya ingin selalu menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat terutama insan pers Bangka Tengah agar bisa terus bersilaturahmi.

“Ini kami lakukan untuk mempererat tali silahturahmi kami ke masyarakat agar lebih dekat. Selain itu, kami juga ingin selalu memiliki hubungan yang lebih erat ke insan pers karena Polri dan Pers adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan sebagai mitra membangun negeri ini. Jadi tentunya kami ingin hubungan ini semakin hari jadi semakin erat saja,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Dr. Hewan Rahmawati dari Dinas Pertanian Bangka Tengah telah menyatakan semua sapi dan kambing yang dikurbankan di Polres Bateng semuanya layak dan aman dikonsumsi.

“Dari pemeriksaan kami di sini sapinya sehat semua dengan gejala ringan dari hasil postmortem (setelah mati-red). Hal terlihat dari tiger heart di jantungnya yang menandakan ada gejala ringan. Sesuai Fatwa MUI dan juga analisis kesehatan semua sapi dan kambing disini aman dikonsumsi,” jelasnya.

“Untuk yang pemeriksaan antemortem dinyatakan sehat karena hanya gejala ringan seperti ada sedikit liur saja. Tidak ada kepincangan, tidak ada tremor dan ambruk, ” tambahnya.(Erwin)

 

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas