Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Me Hoa Ingin Bangka Tengah Galakkan UHC

174
×

Me Hoa Ingin Bangka Tengah Galakkan UHC

Sebarkan artikel ini
IMG 20220731 WA0000
Foto: Ketua DPRD Bangka Tengah, Me Hoa

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Ketua DPRD Bangka Tengah, Me Hoa meminta realisasi pemanfaatan di Anggaran Belanja Tambahan (ABT) tahun 2022 dapat digunakan untuk menuntaskan perihal BPJS Kesehatan.

Pihaknya menginginkan agar Bangka Tengah memiliki Universal Health Coverage (UHC) atau disebut juga cakupan kesehatan semesta. Sehingga, pemanfaatan BPJS Kesehatan di Bangka Tengah dapat berjalan secara maksimal.

Me Hoa mengatakan, jika sewaktu-waktu ada masyarakat yang ingin berobat ke rumah sakit dan tidak memiliki BPJS Kesehatan, maka tinggal menunjukan KTP dan BPJS Kesehatannya langsung bisa mengcover biaya perobatan.

“Dan hal semacam itu sudah berlaku di Kabupaten lain seperti di Bangka Barat, Belitung Timur dan Belitung,” ucap Me Hoa saat diwawancarai intrik.id, Jumat (29/7/2022).

Dia tak ingin jika kedepannya ada masyarakat Bangka Tengah yang kesusahan berobat karena tidak memiliki biaya dan belum punya BPJS Kesehatan.

Sementara bagi masyarakat yang saat ini menunggak pembayaran BPJS Kesehatan yang mandiri, dia mengaku bahwa tunggakan tersebut tidak akan dicover oleh anggaran pemerintah.

Tak lupa, dirinya juga meminta masyarakat agar lebih peduli mengurus BPJS Kesehatan dan jangan terus menyalahkan pemerintah.

“Urusan sakit ini salah urusan yang sifatnya mendadak, jadi jangan ditunda-tunda untuk mengurus BPSJ Kesehatan ini,” jelasnya.

Lanjut dia, dalam waktu dekat pihaknya akan segera melakukan Banmus untuk menghitung kebutuhan anggaran terkait perihal BPJS Kesehatan tersebut.

Bahkan pihaknya juga telah berkoordinasi langsung dengan pihak BPJS Bangka Tengah dan BPJS Pangkalpinang untuk mencari langkah-langkah tepat kedepannya.(erwin)