Scroll untuk baca artikel
Bangka TengahPendidikan

Dindik Bateng Siapkan Paket Bantuan untuk 1.250 Siswa

172
×

Dindik Bateng Siapkan Paket Bantuan untuk 1.250 Siswa

Sebarkan artikel ini
IMG 20220714 WA0001
Foto: Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Iskandar.(Erwin/intrik)

* Bantuan Berupa Peralatan hingga Seragam Sekolah

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah menyiapkan 1.250 paket sekolah untuk siswa yang kurang mampu.

Paket sekolah tersebut berupa peralatan dan perlengkapan sekolah mulai dari seragam, tas, sepatu hingga buku.

“Program bantuan peralatan sekolah ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu dan selalu bertambah kuota untuk setiap tahunnya,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Iskandar, Kamis (14/7/2022).

Ia mengatakan bantuan peralatan sekolah tersebut dibagi untuk jenjang SMP sebanyak 750 dan SD 500 paket.

Selain itu, pihaknya memberikan syarat bagi siswa penerima bantuan tersebut dimana harus termasuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dan tercatat di Dinas Sosial Bangka Tengah.

Meski demikian, pihaknya juga menerima pengajuan dan rekomendasi dari guru dan sekolah atas anak yang layak menerima bantuan tersebut.

“Jadi para gurulah yang sebenarnya paling tau kondisi siswa-siswinya. Makanya kami mengimbau agar mereka lebih peka terhadap kondisi perekonomian siswanya. Jangan sampai ada siswa yang malu ke sekolah karena tidak punya seragam, sepatu, tas ataupun buku yang layak,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Iskandar juga meminta pihak sekolah ataupun guru agar tidak memungut uang apapun dari siswa maupun wali siswa.

Berbeda halnya dengan uang komite sekolah ataupun uang sumbangan yang diberikan secara sukarela.

“Yang penting jangan mematok tarif. Kalau pun mau meminta uang komite kepada wali siswa, maka harus dilandasi keikhlasan dan kesukarelaan,” sambungnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan peraturan yang berlaku, bahwa sumber keuangan sekolah salah satunya memang didapatkan dari masyarakat.

Namun yang harus digarisbawahi adalah uang dari masyarakat tersebut diperoleh tanpa ada unsur paksaan apapun.

“Jadi boleh-boleh saja kalau masyarakat mau bantu pihak sekolah, baik itu bantuan berupa uang ataupun barang asalkan tidak unsur paksaan. Dan siswa yang kurang mampu sebaiknya jangan diminta, justru harus diberikan bantuan melalui urunan siswa-siswa lainnya, termasuk urunan para guru,” pungkasnya.

Untuk tahun ajaran 2022/2023 siswa di Bangka Tengah mencapai lebih dari 30 ribu siswa.

Jumlah tersebut terdiri dari 20.927 siswa SD negeri dan 1.803 siswa SD swasta. Sedangkan untuk jenjang SMP, jumlah total siswa negeri maupun swasta adalah sebanyak 7.787 orang.

Dari data tersebut, total keseluruhan jumlah siswa SD dan SMP di Bangka Tengah tahun ajaran 2022/2023 mencapai 30.517 orang.(Erwin)