Algafry Tinjauan Langsung Lokasi Bencana Puting Beliung

IMG 20220708 WA0006
Foto: Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman saat memberikan bantuan kepada korban puting beliung.(Erwin/intrik)

INTRIK.ID, BANGKA TEBGAH – Algafry Rahman meninjau langsung situasi paska angin puting beliung yang menyerang Desa Guntung dan Arung Dalam (Ardal), Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (8/7/2022).

Dalam kesempatan itu ia mengatakan pihaknya sudah menyerahkan bantuan berupa asbes,terpal, makanan hingga alat dapur bagi korban.

“Alhamdulillah kita sudah sigap sejak kemarin, teman-teman dari Dinas Sosial dan BPBD sudah datang memberikan bantuan, yang terdiri dari terpal, makanan, asbes dan peralatan dapur agar mereka segera bisa masak,” ungkap Bupati Bangka Tengah itu.

Ia mengatakan kerusakan akibat bencana itu kebanyakan atap rumah warga terangkat karena angin, bahkan terdapat satu rumah yang semua atapnya terangkat.

“Seperti atap asbes yang terangkat dan ada satu rumah yang semua atapnya terbongkar dari depan sampai belakang, tapi rumah lainnya sekitar 5 sampai 7 yang rusak,” tuturnya.

Algafry juga mengatakan bahwa kejadian tersebut merupakan bencana alam dimana lokasinya dekat dengan pesisir pantai.

“Sekali lagi ini merupakan musibah yang diterima saudara kita yang ada di Desa Guntung, di mana lokasinya yang dekat dengan pesisir pantai memang rentan terjadinya anging puting beliung dan kemarin tepatnya pukul 17.30 wib angin puting beliung menghantam daerah Desa Guntung dan Ardal, kurang lebih sekitar 27 unit rumah yang terdampak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Tengah, Yudi Sabhara menjelaskan ada 20 rumah di Guntung dan 7 rumah di Ardal yang terdampak.

“Total rumah ada 20 di Guntung dan 7 rumah di Ardal. Rata-rata rumah yang terdampak kerusakannya ada pada atap yang rusak karena memang semi permanen, atap sudah tidak baik dan rumah yang tidak kokoh,” jelasnya.

Ia menghimbau, agar selalu cek kondisi cuaca di BMKG serta perhatikan kondisi rumah dan perhatian konstruksi rumah.

“Cuaca harus diperhatikan, kontruksi rumah pun harus di perhatikan. Perbaiki jika ada kerusakan rumah segera untuk menanggulangi bencana alam,” imbaunya.(Erwin)