Wapres: Indonesia Konsumen Halal Terbesar di Dunia

IMG 20220615 WA0000 1
Foto: Wakil Presiden, KH Ma'aruf Amin saat membuka. Kongres Halal Internasional 2022 di Bangka Belitung.(ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman hadiri Kongres Halal Internasional (KHI) 2022 yang secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH. Ma’ruf Amin di Novotel Bangka Hotel and Convention Centre, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa (14/06/2022) siang.

KHI tahun 2022 di Provinsi Kepulauan Babel ini diselenggarakan selama 4 hari mulai dari tanggal 14 Juni hingga 18 Juni 2022.

Dijelaskan Wapres bahwa saat ini Indonesia merupakan konsumen halal terbesar di dunia, yakni sebesar 10 persen. Menurutnya, hal ini juga menjadi faktor bagi Pemerintah Indonesia melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat produsen halal dunia di tahun 2024.

“Komite Nasional juga sudah memulai langkah baru, yakni Bergerak Lebih Cepat Untuk Mewujudkan Indonesia Sebagai Pusat Halal Dunia. Oleh karena itu, kita akan terus melakukan percepatan itu. Di daerah akan dan sudah ada yang dibentuk, yaitu KDEKS atau Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah,” jelas Ma’ruf Amin.

Ma’ruf Amin menambahkan, Provinsi Kepulauan Babel juga akan segera dibentuk KDEKS mengikuti Sumatera Barat, Riau, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

“Oleh karena itu, nanti Provinsi Kepulauan Babel juga harus segera dibentuk KDEKS karena sudah menjadi Provinsi Halal,” pungkasnya.

Wapres RI yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini juga menjelaskan KHI 2022 di Babel ini merupakan salah satu ikhtiar untuk memajukan sektor ekonomi dan keuangan syariah di dalam negeri.

“KHI ini sekaligus juga mempromosikan konsep-konsep ekonomi syariah negara kita agar semakin diminati oleh masyarakat dunia,” ujar Ma’ruf Amin di hadapan para peserta yang hadir secara daring maupun luring.

Ketika ditemui, Bupati Bateng mengatakan bangga atas digelarnya KHI 2022 di Provinsi Kepulauan Babel. Ia berharap akan memberikan dampak positif bagi kemajuan Babel serta Kabupaten/Kota di Babel, khususnya Bateng.

“Ini adalah suatu kebanggaan serta suatu hal yang luar biasa karena kita adalah tuan rumah dalam pelaksanaan KHI tahun 2022 ini,” kata Algafry Rahman.

“Insyaallah, mudah-mudahan hasil dari KHI ini juga akan memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM Bangka Tengah serta wisata halal yang saat ini semakin dikembangkan,” ungkapnya.

Algafry juga menambahkan, Pemerintah Kabupaten Bateng pada Kamis mendatang akan kedatangan tamu sekitar 120 orang yang merupakan peserta dari KHI tahun 2022 ini.

“Insyaallah, Kamis nanti kami akan menerima tamu sekitar 120 orang, dan tentu sudah kami lakukan persiapan-persiapan untuk menyambutnya,” ucap Algafry.

Peresmian KHI tahun 2022 ini ditandai dengan penabuhan bedug.(*)