Waktu Sekolah di Bangka Berubah Jadi Lima Hari

P 20220602 093722 1
Foto: Bupati Bangka, Mulkan.(intrik)

INTRIK.ID, BANGKA — Pemerintah Kabupaten Bangka berencana merubah waktu belajar siswa di sekolah dari enam hari menjadi lima hari, Kamis (2/6/2022).

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan rencana tersebut dibuat karena adanya permintaan dari guru yang ada di Kabupaten Bangka agar diberikan waktu lebih untuk mengurus anak.

“Pada prinsipnya pemerintah menyambut baik usulan tersebut. Memang tantangan kita cukup berat sehingga kita juga harus memberikan kesesuaian waktu antara ibu (guru-red) dan anak,” ungkapnya.

Ia mengaku tidak mempermasalahkan perubahan waktu tersebut asalkan para guru dan siswa juga mampu menjalankannya.

“Bagi kami selaku pemerintah daerah tidak masalah. Kita lihat dulu kemampuan siswa ini apakah merasa terganggu atau tidak karena titik kejenuhan itu pasti ada,” terangnya.

Untuk itu, Mulkan meminta kepada para guru untuk membuatkan suatu kajian dan menelaah secara koperehensif atas usulan tersebut.

“Silahkan buat dulu kajiannya, jika memang layak kita akan terapkan asalkan kualitas dan prestasinya tidak menurun,” tambahnya.

Orang nomor satu di negeri Sepintu Sedulang itu juga meminta agar dilakukan uji coba terlebih dahulu untuk melihat kemampuan siswa dan para guru.

“Kita bisa lakukan uji coba terlebih dulu satu semester. Kalaupun tidak ada masalah bisa kita terapkan,” ujar Mulkan.(red)