Siap Lepas Jabatan Sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Adik Almarhum Ibnu Saleh Masuk Radar Wakil Bupati Bateng

IMG 20220617 WA0008
Foto: Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Iskandar.(Erwin/intrik.id)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Iskandar muncul dalam daftar nama salah satu kandidat calon pengganti Wakil Bupati Bangka Tengah.

Kemunculan nama Iskandar disampaikan oleh Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Bangka Belitung, Iman Musaman.

Iman menyampaikan bahwa partai Nasdem telah mengerucutkan dua nama sebagai calon Wabup Bateng menggantikan Herry Erfian.

Adapun nama yang pertama adalah Mulyadi, Ketua DPD Nasdem Bangka Tengah yang saat ini juga merupakan anggota Komisi III DPRD Provinsi Bangka Belitung.

Sedangkan nama satunya adalah Iskandar yang tidak lain adalah adik kandung Almarhum Ibnu Saleh, mantan Bupati Bangka Tengah.

Saat diwawancarai intrik.id, Jumat (17/6/2022) di kantornya, Iskandar mengaku bahwa dirinya memang sudah bertemu langsung dengan sejumlah politikus Partai Nasdem untuk membicarakan hal tersebut.

Ia mengatakan pengusulan dirinya sebagai salah satu kandidat wabup Bateng tidak terlepas dari almarhum kakaknya yang juga dulu merupakan politisi Partai Nasdem.

“Mungkin mereka masih melihat dan menghormati kebaikan sosok Almarhum dulu,” kata Iskandar.

Ia menambahkan sebagai seorang birokrat yang cukup lama mengabdi di Bangka Tengah, Iskandar mengaku cukup memahami bagaimana kondisi birokrasi yang ada di Kabupaten Bangka Tengah.

“Kalau memang diberikan kepercayaan seperti itu, pak Bupati juga berkenan dan partai koalisi menghendaki, ya saya siap. Karena enggak ada salahnya,” ucapnya.

Bahkan, jika memang terpilih menjadi wabup, Iskandar mengaku bahwa dirinya juga siap melepas status sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah.

Meski demikian, semua itu kembali lagi pada keputusan koalisi Beriman, sebagai koalisi pengusung Algafry-Erfian.

“Koalisi ini kan terbilang cukup gemuk dan besar, masing-masing partai pengusung juga diperbolehkan untuk mengusulkan calonnya,” sambung dia.

Lanjut dia, nama-nama yang sudah banyak bermunculan itu tentu akan dikerucutkan dan dipertimbangkan lagi oleh masing-masing partai koalisi.

“Tergantung pak Bupati, mungkin beliau juga punya pertimbangan, apakah mau mencari pasangan yang sama-sama berasal dari parpol atau seorang birokrat. Mana yang sekiranya memang lebih menguntungkan dalam memajukan roda pemerintahan di Kabupaten Bangka Tengah,” tambahnya.

Kata Iskandar, dirinya mengaku siap mendampingi Bupati untuk menyelesaikan visi misi sampai masa jabatannya berakhir.

“Nanti kan pasti akan digodok lagi nama-nama kandidatnya, karena memang prosesnya juga masih cukup panjang,” terangnya.

Menurut Iskandar, hal terpenting yang bisa dia lakukan saat ini adalah dengan terus bekerja secara maksimal di Dinas Pendidikan.

“Yang penting fokus aja di sini dulu, masalah itu nanti biar urusan partai,” ungkapnya.

Diketahui, kursi Wakil Bupati Bangka Tengah sendiri kini mengalami kekosongan setelah Herry Erfian melepas jabatan wabup dan memilih menjadi Anggota DPD RI menggantikan almarhum Hudarni Rani dalam agenda pengganti antar waktu (PAW).

Sejumlah partai pengusung dan pendukung yang masuk dalam koalisi Algafry Rahman-Herry Erfian (Beriman) telah satu persatu memunculkan nama calon Wakil Bupati Bangka Tengah pengganti Herry Erfian.

Partai yang masuk dalam koalisi Beriman seperti, Nasdem, Golkar, PAN, PKB, Gerindra, PKS, dan PPP.(Erwin)