PJU Banyak Padam, Dishub Bateng: Pulsanya Habis

IMG 20220622 WA0003
Foto: Lampu PJU di Jembatan Nibung, Koba padam.(Erwin/intrik.id)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Sejumlah lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Koba, Bangka Tengah terpantau padam.

Berdasarkan pantauan intrik.id, Selasa (21/6/2022) malam, sejumlah lampu PJU di ruas jalan utama di Kota Koba padam hingga membuat beberapa ruas jalan gelap gulita.

Bahkan di Jembatan Nibung, Koba terlihat tak satupun lampu PJU menerangi jembatan yang menjadi akses lalu lalang masyarakat sekitar.

Alhasil, banyak para pengendara yang memperlambat laju kendaraannya ketika melintasi jembatan yang baru dibangun belum genap satu tahun itu.

Menurut Zili (35), warga Desa Nibung, lampu PJU di Jembatan Nibung tersebut telah padam sejak beberapa hari terakhir.

“Pokoknya udah lebih dari tiga hari padamnya, enggak tau karena apa,” ucapnya.

Ia menambahkan, padamnya lampu di Jembatan Nibung itupun sering dimanfaatkan sejumlah anak muda untuk nongkrong.

“Seingat saya, lampu di jembatan itu dipasangnya juga belum belum lama ini. Kayaknya enggak mungkin kalau udah rusak,” ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Dinperkimhub) Kabupaten Bangka Tengah, Fani Hendra Saputra justru mengaku bahwa dirinya baru mendengar kabar itu.

Dirinya pun terkejut dan langsung memerintahkan stafnya untuk segera melakukan pengecekan.

“Sekarang teman-teman dari Dishub sudah turun ke lapangan untuk mengecek, nampaknya pulsanya habis,” ungkap Fani.

Senada, Kepala Bidang Perhubungan Dinperkimhub Bateng, Fernando mengatakan bahwa pihaknya dengan sigap melakukan pengecekan secara bertahap di sejumlah lokasi.

“Sekarang tim kami sedang di lapangan dan melakukan pengecekan secara bertahap. Dua hari yang lalu juga kami sudah ngecek lampu PJU yang ada di Kecamatan Pangkalanbaru,” ujar Fernando.

Lanjut dia, padamnya lampu PJU tersebut dikarenakan kehabisan pulsa sejak dua hari yang lalu.

“Beberapa PJU juga sudah kami isikan pulsanya dan hari ini InsyahAllah akan kami selesaikan semuanya secara bertahap, karena personil kita juga terbatas,” pungkasnya.

Sekedar informasi, pada tahun ini, Dinperkimhub Bangka Tengah memang fokus mengganti lampu PJU yang awalnya berbasis tenaga surya menjadi PJU dari PLN.(Erwin)