Scroll untuk baca artikel
Pangkalpinang

Pemukulan Gong Pj Gubernur, Bima Arya dan Molen Menandai Pembukaan Muskomwil ke-II Apeksi Sumbagsel

106
×

Pemukulan Gong Pj Gubernur, Bima Arya dan Molen Menandai Pembukaan Muskomwil ke-II Apeksi Sumbagsel

Sebarkan artikel ini
IMG 20220609 WA0004
Foto: Pemukulan gong oleh Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin untuk menandakan pembukaan Muskomwil Apeksi Sumbagsel.(ist)

INTRIK.ID, PANGKALPINANG – Pemerintah Kota Pangkalpinang sukses membuka kegiatan Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) ke-II Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) se-Sumbagsel.

Pembukaan kegiatan nasional itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin, M.Sc bersama Ketua Apeksi, Ketua Apeksi Sumbagsel dan Wali Kota Pangkalpinang di Ball Room Swiss-belhotel, Rabu malam (08/06/2022).

Wali Kota Pangkalpinang, Dr. H. Maulan Aklil yang kerap disapa Molen mengucapkan selamat datang kepada seluruh wali kota atau wakil wali kota se-Sumatera Bagian Selatan yang telah hadir ke Kota Beribu Senyuman.

“Selamat datang, setelah Covid-19 akhirnya terlaksana juga dikota kami. Kenapa Pangkalpinang disebut kota senyum?, Bangka Belitung ini dulunya sangat ramah, jadi sejak 3 tahun lalu saya ingin mencoba mengembalikannya. Jadi kalo ditanya dari mana, jawabnya dari City of Thousand Smile,” ungkapnya.

Molen juga mengutarakan optimisnya untuk lebih menjual Kota Pangkalpinang sehingga bisa menarik perhatian banyak orang.

“Kadang-kadang Pangkalpinang tidak ditoleh (dilihat-red) orang. Hari ini saya ingin memperkenalkan bahwa ada suatu pulau, ada kota yang wali kotanya pisang Molen,” candanya yang disambut gelak tawa peserta serta tamu undangan Muskomwil II Apeksi Sumbagsel.

Selain Wali Kota Bogor dan Pangkalpinang, Muskomwil Ke-II Apeksi Sumbagsel kali ini dihadiri Wali Kota Jambi, Wali Kota Lubuk Linggau, Wali Kota Palembang, Wali Kota Pagaralam, Wali Kota Prabumulih, Wali Kota Bandar Lampung, Wakil Wali Kota Bengkulu dan Wakil Wali Kota Sungai Penuh.

Ditempat yang sama, Ketua Apeksi yang merupakan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, S.IP, M.A, PH.D menyebut bahwa pelaksanaan agenda Apeksi merupakan bentuk kolaborasi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) disetiap kota yang menjadi tuan rumah. Dalam kesempatan tersebut, Bima Arya ungkapkan pentingnya berkreasi dan berinovasi serta mendorong pemakaian produk dalam negeri.

“Ada beberapa isu yang strategis, salah satunya ditargetkan tahun 2023 tidak ada lagi honorer, dasar pemikiran sangat masuk akal, tapi ini bukan tahapan yang mudah. Besok insyaa Allah kita sampaikan, pak Menteri menunggu saran dari kita Apeksi dalam beberapa hari ini. Besok juga kita akan mengukuhkan pengganti Wali Kota Lubuk Linggau dengan suasana kekeluargaan,” terangnya.

Senada, PJ Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin berharap musyawarah dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya. Ia mengajak bersama-sama menjalankan misi pemerintahan daerah sebagai perekat dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Saat ini kondisi yang kita hadapi bukan kondisi mudah, kondisi global pun tidaklah mudah, kita harus lebih sensitif. Selain itu, ekonomi juga tidak mudah, pangan dan energi mahal meskipun dibandingkan negara lain termasuk murah, kita bersama-sama berupaya menggerakkan ekonomi lokal,” ujarnya.

Pj Gubernur yang juga Dirjen Minerba Kementerian ESDM ini juga mengajak agar lebih banyak menggunakan produk-produk dalam negeri dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Ridwan juga ingin penyediaan lapangan pekerjaan semakin dipermudah dan mengingatkan bahwa Covid-19 belum usai sehingga vaksinasi tetap harus ditingkatkan.

Pasca sambutan-sambutan, malam ramah tamah yang juga sekaligus pembukaan Muskomwil Ke-II Apeksi Sumbagsel dimeriahkan penyanyi ternama tanah air yakni Ifan Seventeen yang membawakan beberapa tembang lagu andalannya. Rencananya Muskomwil Ke-II Apeksi Sumbagsel akan dipandu oleh presenter senior Helmy Yahya.(*)