Pemkab Bateng Siapkan Hadiah Untuk TPS Dengan Partisipasi Lebih 95 Persen

IMG 20220621 WA0006
Foto: Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman saat melakukan pemantauan persiapan Pilkades.(Erwin/intrik.id)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman melakukan pengecekan persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Terentang Kecamatan Koba, Selasa (21/6/2022).

Ia menuturkan, surat suara dan logistik yang sudah didistribusikan di masing-masing kantor desa bisa didistribusikan kembali ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada pukul 06.00 WIB.

“Surat suara dan logistik untuk Pilkades 22 Juni 2022 besok sudah disebarkan di kantor-kantor desa di 29 desa. Dan besok sekitar pukul 6 pagi, surat suara sudah didistribusikan ke TPS-TPS yang ada,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk menghimbau para saksi dan masyarakat agar memilih dan datang lebih awal.

“Saya juga sudah mengingatkan semua ketua KPPS untuk mengingatkan para saksi dan masyarkat untuk datang lebih awal dan menggunakan hak suaranya,” imbaunya.

“Target kita 90 persen kalau memang tidak bisa 100 persen. Tapi tetap kita berharap semua yang punya hak suara menggunakan hak suaranya 100 persen. Ini juga akan kita laporkan ke Kemendagri dan besok saya akan video conference bersama Kemendagri pukul setengah sepuluh berpusat di Selan berkaitan dengan Pilkades,” tambah Algafry.

Semetara itu, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadinsos PMD) Bangka Tengah, Padlillah mengatakan ada 58.000 surat suara yang digunakan daei 62.000 surat suara yang disiapkan, dimana setiap TPS mendapat lebih surat suara 5 persen untuk cadangan jika ada surat suara yang rusak.

“Nanti pemilihan dilakukan dari jam tujuh pagi sampai jam dua belas siang. Lewat dari situ sudah tidak bisa,” jelasnya.

Ia menambahkan sistem Pilkades ini sama seperti sistem Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dimana panitia bisa mendatangi pemilik hak suara yang kesulitan.

“Kita sebar undangan pemilihan, kita datangi yang tidak bisa datang ke TPS untuk memilih sepertinya yang sudah tua renta atau sakit. Kita juga siapkan waktu untuk pemilih yang tidak punya undangan tapi punya KTP domisili desa tersebut,” tambahnya.

Padlillah juga mengatakan, jika ada TPS yang jumlah pemilihnya lebih dari 95 persen maka akan mendapat hadiah.

“Kalau nanti perkecamatan ada TPS yang partisipasi pemilihnya lebih dari 95 persen, kita kasih hadiah. Data yang ada partisipasi setiap TPS masih 85 persen,” tutupnya.(Erwin)