Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

PDAM Tirta Bangka Tengah Siap Alirkan Air Bersih ke Berok Hingga Penyak

170
×

PDAM Tirta Bangka Tengah Siap Alirkan Air Bersih ke Berok Hingga Penyak

Sebarkan artikel ini
IMG 20220613 WA0001
Foto: Direktur PDAM Tirta Bangka Tengah, Achmad Barliansyah.(Erwin/intrik.id)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bangka Tengah akan melakukan pemasangan pipa air sepanjang 17 km dari Kelurahan Berok sampai Desa Penyak Kecamatan Koba.

Hal ini disampaikan Direktur PDAM Tirta Bateng, Achmad Barliansyah saat di temui dikantornya Senin (13/6/2022). Ia mengatakan pemasangan tersebut direncanakan akan mulai dibangun pada tahun 2023 mendatang.

Pihaknya sudah mengajukan program tersebut ke Badan Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Babel untuk diteruskan ke pemerintah pusat.

“Secara administratif semuanya sudah kami penuhi dan semoga saja nanti bisa direalisasikan,” ucap Achmad.

Ia menilai, pemasangan pipa air tersebut memang sudah sepatutnya dilakukan karena selama ini Desa Penyak tidak memiliki sumber air baku yang bersih dan bisa dijadikan sebagai air minum.

“Dan kami juga sudah koordinasikan dengan Kadesnya dan memang ada sekitar 350-an unit daftar tunggu pemasangan air PDAM oleh masyarakat,” jelasnya.

Kata dia, selama ini, banyak masyarakat Penyak yang membeli air bersih ke Koba. Pasalnya, sumber air baku yang ada di desa tersebut terbilang kotor dan kurang layak untuk dikonsumsi.

“Nanti secara bersurat, kami akan ajukan perizinan untuk melakukan penggalian untuk pemasangan pipa. Alhamdulillah administrasinya sudah lengkap dan kita doakan saja bisa tembus tahun depan dan bisa segara dikerjakan secepatnya,” terangnya.

Selanjutnya, pada tahun 2024, pihaknya berencana akan melanjutkan proyek pemasangan pipa tersebut sehingga bisa terus diperpanjang hingga ke Desa Kurau.(*)

Laporan wartawan intrik.id/Erwin