Hari Donor Darah Sedunia, KPD Bangka Targetkan 100 Kantong

P 20220614 131302 1
Foto: Pembina KPD Bangka, Kinoy.(intrik.id)

INTRIK.ID, BANGKA — Komunitas Pendonor Darah (KPD) Bangka akan menggelar aksi donor darah masal dalam memperingati Hari Donor Darah Sedunia, Selasa (14/6/2022).

Pembina KPD Bangka, Kinoy mengatakan kegiatan tersebut akan dilaksanakan 30 Juni 2022 nanti di Kecamatan Belinyu.

“Kita pilih di Belinyu karena disana susah dijangkau karena jauh. Kita juga sudah koordinasi dengan camatnya dan sudah setuju dilaksanakan disana,” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu juga pihaknya menargetkan mendapat 100 kantong darah dari pendonor yang ada di seputaran Belinyu.

“Target kita 100 kantong, nanti kita akan berikan beras 5 kilogram bagi masyarakat yang ingin donor darah sebagai ucapan terimakasih atas partisipasinya,” tambah Kinoy.

Ia mengatakan saat ini kebutuhan darah di Bangka cukup tinggi terlebih lagi sedang musim DBD atau Demam Berdarah Dengue.

“Kebutuhan darah terutama trombosit sangat tinggi, bahkan Oktober hingga Januari lalu tiap hari selalu ada saja yang perlu darah,” pungkasnya.

Untuk itu, dengan adanya kegiatan ini nanti pihaknya ingin mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk aktif mendonorkan darahnya.

“Manfaatnya banyak kalau kita donor darah, minimal kita bisa cek kesehatan gratis misalnya tensi, Hb dan lainnya. Selain itu juga sirkulasi darah kita juga lebih bagus jika kita donor darah,” jelas Kinoy.(red)