Anggota PITI Bangka Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar, Berikut Respon Sejumlah Pihak

IMG 20220630 WA0002
Caption : Sekcam Sungailiat, Kanit Intel Polsek Sungailiat, Babinkamtibmas, Saat mengunjungi Tempat Budidaya Ikan Air Tawar milik Amin

BANGKA. SUNGAILIAT. INTRIK.ID – Berawal dari hobi memelihara ikan hingga terbesit mengembangkannya menjadi usaha, untuk menjadi sumber penghasilan begitu lah latar belakang disampaikan Amin warga lingkungan Kuday , kelurahan Kuday, kecamatan Sungailiat.

Amin merupakan seorang mualaf menjabat sebagai sekretaris Persatuan Islam Tionghoa Indonesia ( PITI ) Kabupaten Bangka. Kamis ( 30/6/2022) sore Kepada INTRIK.ID, Amin mengatakan akan membudidaya beberapa jenis ikan air tawar.

“Awalnya dari hobi memelihara ikan, nah saat itu saya berada di Surabaya melihat orang kembangkan ikan lele. Lahan tidak seberapa luas tapi menghasilkan.
Benih lele kita tebar tanggal 24 April 2022. Dari mulai cetak batako sendiri hingga menjadi seperti ini,” ungkapnya.

Tidak menyurut niatnya membuat tambak secara sederhana, Amin pun merogoh kocek pribadinya.

“Permodalan awal bersifat pribadi, nanti kita akan kembangkan berbagai jenis ikan air tawar, lele, nila , patin, gurami. Saya berharap tambak ini sebagai penunjang ekonomi keluarga,” kata Amin.

Disisi lain, Kapolres Bangka AKBP Indra Kurniawan saat dimintai tanggapannya, mengenai tema hari Bhayangkara ke 76 mendukung hal tersebut.

“sesuai tema hari Bhayangkara ke 76 Polri yang presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh. Keberadaan Persatuan Islam Tingohua Indonesia ( PITI ) ingin mengembangkan ekonomi kereatif, melalui budidaya ikan air tawar kita akan dukung. Dalam hal ini kita akan bersinergi dengan Pemkab Bangka, agar keberadaan usaha tersebut terwujud dan menjadi pendongkrak ekonomi,” ujarnya.

Menanggapi keberadaan usaha budidaya ikan air tawar itu, Camat Sungailiat Ramzi melalui Sekretaris Camatnya Ridwan mengatakan akan respon.

“Pada prinsipnya kita dari pihak Pemerintah Kabupaten Bangka, khususnya kecamatan Sungailiat Siap memfasilitasi usaha budidaya ikan air tawar agar terwujud pemulihan ekonomi masyarakat islam Tionghoa. sebagian kawan – kawan muslim Tionghoa ada beruntung, ada yang kurang beruntung,”

Ridwan juga mengapresiasi terobosan dilakukan Amin selaku anggota sekaligus sekretaris PITI.

“Budidaya perikanan dibuat oleh anggota PITI Bangka sangat kita apresiasi dan harus di bantu dalam proses pemilihan ekonomi. Intruksi Bupati Bangka untuk segera dibantu dan di fasilitasi. Kita akan berkoordinasi dengan pihak diluar pemerintah agar membantu pemulihan ekonomi. Kepada pengurus PITI segera membuat sebuah yayasan dan menginventarisir anggota
Islam Tionghoa ,agar proses bantuan dan kelanjutan kegiatan masyarkat Islam Tionghoa kontinyu dan suistinable,” tutupnya.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas