Ajang Peserta Kongres Halal Internasional Nganggung, 400 Dulang Disiapkan Warga Desa Perlang

IMG 20220616 WA0003
Foto: Suasana nganggung bersama.(Erwin/intrik.id)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Menyambut 120 peserta Kongres Halal Internasional 2022, masyarakat Desa Perlang mempersembahkan tari sambut dan menyediakan 400 dalang berisi makanan untuk nganggung agar bisa disantap bersama.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menjelaskan pengenalan budaya ini dilakukan agar para wisatawan tertarik untuk datang dan belajar tentang wisata dan budaya bangka tengah yang beragam.

“Antusias masyarakat sangat luar biasa dalam menyambut tamu kita. Mereka membawa satu dulang satu rumah. Ada sekitar 400 dulang yang disiapkan. Kita tonjolkan tari dan nganggung ini untuk wisata halal dan konsep makanan halal untuk para peserta,” jelas orang nomor satu di Bangka Tengah itu di masjid Roudhatus Solihin, Desa Perlang, Kamis (16/6/2022).

Ia juga menceritakan nganggung adalah tradisi dengan konsep makanan halal yang mengajarkan kebersamaan dengan sesama agar selalu membantu dan menjaga.

“Nganggung ini tradisi yang mengajarkan kebersamaan, saling membantu sesama dan menjaga silahturahmi dengan konsep makanan halal. Maka dari itu budaya kita harus di tonjolkan disini,” tambahnya.

Algafry berharap dengan adanya Kongres Halal Internasional 2022 ini dapat mengembangkan wisata halal di Bangka Tengah.

“Dengan adanya kongres halal ini semoga dapat memajukan wisata halal di Bangka Tengah, dapat mencuri perhatian masyarakat dunia dan memajukan Bangka Tengah. Kalau nanti sudah banyak pengunjung, kita tambah fasilitas seperti hotel, penginapan dan fasilitas penunjang lainnya,” harapnya.

Laporan wartawan intrik.id/Erwin

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas