8 Cabor Akan Ditandingkan Pada Popda Kota Pangkalpinang

IMG 20220614 WA0001
Foto: Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pangkalpinang, Manto.(intrik.id)

INTRIK.ID, PANGKALPINANG — Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pangkalpinang akan melaksanakan penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Kota Pangkalpinang tahun 2022.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pangkalpinang, Manto mengatakan kegiatan yang akan digelar 20-23 Juni 2022 nanti merupakan kegiatan multi event di tingkat pelajar yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali.

Selain itu pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan miniatur dan cerminan untuk menghadapi Popda tingkat Provinsi serta POPNAS pada 2023 nanti.

Ia juga menilai Popda nanti sebagai bagian pembinaan olahraga pelajar dan untuk mengevaluasi keberhasilan program.

“Dapat kita dilihat di setiap daerah melakukan pembinaan prestasi olahraga pelajar yang berjenjang dan berkesinambungan yang dilakukan dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi,” ujar Manto.

Adapun pada ajang Popda kali akan mempertandingkan 8 cabang Olahraga (Cabor) yakni Bola Basket, Bola Voli, Bulutangkis, Pencak Silat, Sepakbola, Sepak Takraw, Tenis dan Tinju.

“Aktualisasi pembinaan olahraga pelajar hendaknya dijiwai spirit sportivity dan fair play serta dibingkai dalam nilai-nilai luhur yang terkandung dalam olahraga yaitu kejujuran, kesatria, kebersamaan, disiplin dan semangat kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi aturan serta persahabatan,” tegasnya.

Senada dikatakan Kabid Olahraga Dispora Pangkalpinang, Mashur Samsuri. Ia mengatakan ajang tersebut sebagai ajang evaluasi hasil pembinaan prestasi olahraga pelajar di tingkat Kota.

“Ajang ini untuk menghasilkan calon-calon atlet nasional yang dapat berprestasi mengharumkan nama bangsa di event olahraga tingkat Provinsi, Nasional, Asia Tenggara, Asia dan Dunia,” ungkapnya.

Selain itu, pelaksanaan Popda tingkat Kota Pangkalpinang Tahun 2022 juga mempunyai tujuan tercapainya three sukses yaitu sukses penyelenggaraan, sukses dalam pencapaian prestasi serta sukses dalam pemberdayaan potensi ekonomi kerakyatan yang ada di Kota Pangkalpinang dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Adapun pelaksaan Popda ini bertujuan untuk;

  • Mengukur pencapaian pembinaan prestasi olahraga atlet pelajar di Kota Pangkalpinang.
  • Ajang seleksi pembentukan tim pelajar kota yang akan dipersiapkan pada multi event olahraga pelajar di tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional (POPNAS).
  • Mencetak dan melahirkan calon-calon atlet terbaik di kalangan pelajar yang di masa depan serta akan menjadi atlet andalan Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung dan Indonesia.
  • Momentum peningkatan gairah dan motivasi pelajar untuk berlatih dan berprestasi di ajang olahraga.
  • Memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.