62 Ribu Surat Suara Pilkades Bangka Tengah Didistribusikan

IMG 20220621 WA0005
Foto: Kepala Dinas Sosial, Pemerintahan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Tengah, Padlillah.(Erwin/intrik)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Bangka Tengah segera memasuki tahapan pemungutan suara lebih tepatnya besok 22 Juni 2022.

Pilkades serempak 29 desa di Kabupaten Bangka Tengah itu akan menemui proses pemungutan suara.

Kepala Dinas Sosial, Pemerintahan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Tengah, Padlillah mengatakan bahwa saat ini pelaksanaan Pilkades telah memasuki masa tenang.

Diakuinya, pihaknya juga telah menggelar apel gabungan untuk mempersiapkan pelaksanaan Pilkades tersebut.

“hari ini, tanggal 21 Juni, kita akan distribusikan semua logistik dan perlengkapan untuk pencoblosan ke TPS-TPS,” kata Padlillah kepada intrik.id , Senin (21/6/2022).

Ia mengatakan, total ada sekitar 132 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 29 desa yang menggelar Pilkades tersebut. Sedangkan untuk jumlah surat suara yang disiapkan adalah sebanyak 62 ribu.

“insyaallah semua perlengkapannya sudah aman, termasuk bilik suara, surat suara, tinta dan lain sebagainya. Kita doakan saja semoga pelaksanaan Pilkades besok nanti berjalan lancar,” ujarnya.

Ia berharap, partisipasi masyarakat yang mempunyai hak suara agar datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin.

Pasalnya ia menilai bahwa Pilkades ini bukan hanya bertujuan untuk memilih kades dengan perolehan suara terbanyak, melainkan untuk mencari Kepala Desa yang benar-benar berkualitas dan didukung oleh mayoritas orang di desa tersebut.

“Jadi percuma kalau dalam suatu desa ada 500 pemilih, tapi yang datang nyoblos hanya 50 orang. Itu namanya Pilkades yang tidak berkualitas,” tegasnya.

Oleh karena itu, pihaknya juga meminta para calon kades untuk mengajak masyarakat berpartisipasi pada Pilkades kali ini.

“Kami sudah meminta para calon untuk tidak hanya mengkampanyekan dirinya sendiri, melainkan juga kampanye untuk mengajak partisipasi masyarakat agar mau datang ke TPS,” sambung dia.

Tak lupa, dirinya juga berharap Pilkades ini berjalan aman, lancar, damai dan tidak ada permasalahan-permasalahan apapun yang mengakibatkan perselisihan.

Senada, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengajak seluruh masyarakat agar menjadikan Pilkades ini dengan baik dan adem.

“Saya yakin pengetahuan kita dalam hal politik seperti ini sudah terbiasa. Menang kalah adalah hal yang biasa, karena siapapun itu adalah pilihan masyarakat,” ungkap Algafry.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar tidak ada prasangka buruk, hasutan apalagi sampai berkelahi saat pemungutan suara nanti.

“Lakukan ini dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan prosedural yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Dirinya juga berharap kades yang terpilih nantinya dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk membangun Kabupaten Bangka Tengah agar lebih baik lagi kedepannya.(Erwin)