47 Calon Jamaah Haji Ikut Manasik, Algafry: Semoga Selamat Pulang Pergi

IMG 20220607 WA0000
Foto: Calon Jamaah Haji asal bateng saat mengikuti manasik haji.(Erwin/intrik)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Sebanyak 47 calon jamaah haji mengikuti Manasik Haji dari Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah (Kemenag Bateng) di masjid Ar-Raihan Bypas, Selasa (7/6/2022).

Dalam acara tersebut, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman menghimbau agar seluruh calon jamaah haji yang akan berangkat untuk menjaga kesehatan dan kondisi tubuh dengan baik.

“Untuk semua calon jamaah haji, calon tamu ALLAH SWT, jaga kesehatannya, jaga kondisi tubuh karena haji merupakan ibadah fisik. Jangan sampai ada rangkaian yang tidak bisa diikuti,” ucapnya kepada jamaah saat pembukaan acara manasik.

Ia juga menghimbau agar calon jamaah isolasi mandiri dan jangan sampai terkena covid serta mengikuti acara menasik atau pelatihan haji dengan baik.

“Jangan sampai covid. Kalau bisa 10 hari sebelum berangkat isolasi atau perketat prokes dan ikuti manasik haji dengan baik. Belajar semua tata cara haji dengan hikmat agar ibadahnya lancar,” himbau Algafry.

Ia berharap agar semua calon jamaah haji bisa pulang dan pergi dengan selamat serta menjadikan semuanya menjadi lebih taat kepada ALLAH SWT.

“Saya berharap semuanya pergi dan pulang dengan selamat, ibadahnya lancar serta menjadi haji yang mabrur yang semakin taat kepada ALLAH SWT,” harapnya.

Kepala Kemenag Bangka Tengah M. Karyawan menjelaskan, manasik ini diikuti 47 jamaah haji yang terdiri dari 21 Laki-laki dan 26 pwremupuan. Manasik ini dilaksanakan pada 2 tingkatan daerah yakni di tingkat kabupaten 2 kali dan kecamatan 4 kali dengan materi kebijakan serta tata cara haji dan juga praktek ibadah haji.

“Kita akan melakukan manasik 2 kali ditingkat Kabupaten dan 4 kali ditingkat Kecamatan. Materinya seputar kebijakan, tata cara haji dan juga praktek ibadah haji dan pembekalan untuk 47 calon jamaah haji,” jelasnya kepada intrik.id.

Ia menambahkan, jamaah haji kan diberangkatkan pada kloter 5 tanggal 28 Juni diterima di asrama haji dan pada tanggal 29 juni akan berangkat langsung ke Jeddah.

“Kita berangkat pada kloter ke 5 yang dimana jamaah Bangka Tengah nanti akan diterima di asrama haji pada tanggal 28 Juni untuk diberikan pembekalan, living cost dan lainnya. Pada tanggal 29 Juni nanti baru seluruh jamaah haji akan langsung berangkat ke Jedda,” tambahnya.

Laporan wartawan intrik.id/Erwin