200 Peserta Ikut Pelatihan Sembelih Halal: Ahmad Subekti: Untuk Hadapi Hari Raya Kurban

IMG 20220620 WA0002
Foto: Juleha Babel bersama dengan peserta saat foto bersama.(Erwin/intrik.id)

INTRIK.ID, PANGKALPINANG – Juru Sembelih Halal Bangka Belitung (Juleha Babel) mengadakan pelatihan juru sembelih halal yang keempat. Kali ini pelatihan tersebut dilaksanakan di Kota Pangkal Pinang, Minggu (19/6/2022).

Terdapat 200 peserta dari semua Kabupaten di Bangka Belitung di gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Bangka Belitung.

Asisten 3 Walikota Pangkalpinang, Ahmad Subekti mengatakan acara ini sangat penting bagi masyarakat mengingat sebentar lagi akan menghadapi Hari Raya Idul Adha

“Acara ini luar biasa bermanfaat bagi masyarakat tentunya mengingat kita juga sebentar lagi akan merayakan hari raya qurban. Ini adalah hak yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” jelasnya.

Ketua Juleha Bangka Belitung, Nanang Lasmana dalam pidatonya menyebutkan Juleha akan terus memberikan pelatihan sembelih halal sampai ke pelosok daerah agar tercipta masyarakat yang baik dalam penyembelihan.

“Kami akan menyampaikan dakwa sembelih halal ini kepada masyarakat sampai ke pelosok Babel. Sembelih halal merupakan ibadah yang dilakukan di syariat tanpa adanya rukun yang ditinggalkan. Maka dari itu kami Juleha Babel akan terus memberikan dakwah sembelih ini kepada masyarakat,” ucapnya.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Pangkal Pinang, Samri mengatakan kegiatan juru sembelih halal ini sangat berguna untuk masyarakat Pangkalpinang dan Bangka Belitung karena masyarakat muslim tentunya bisa lebih nyaman dan tidak merasa khawatir tentang hewan yang dikonsumsi.

“ini kegiatan yang sangat baik dan berguna untuk masyarakat. Kegiatan yang diadakan Juleha ini membuat masyarakat tau bagaimana tata cara penyembelihan secara halal dan juga membuat masyarakat merasa aman untuk membeli hewan tanpa merasa takut ini halal atau tidak karena rumah potong yang dibawah naungan Juleha sudah pasti halal,” ucapnya.(Erwin)