Pangkalpinang Menuju Kota Cerdas

IMG 20220526 WA0001
Foto: Suasana pertemuan dengan Kementerian Kominfo.(ist)

INTRIK.ID, PANGKALPINANG — Kepala Bappelitbangda, M Belly Jawari dan Kadis Kominfo Pangkalpinang, Sarbini beserta rombongan melakukan audiensi terkait Program Kota Cerdas di Kemenkominfo RI.

Kunjungan itu juga diterima langsung oleh Koordinator Layanan Aplikasi Informatika Pemda, Dwi EM Simanungkalit.

Sebagaimana diketahui bahwa 2022 ini Kota Pangkalpinang termasuk sebagai salah satu dari 50 kabupaten/kota se Indonesia dalam Program Implementasi Gerakan Percepatan Menuju Kota Cerdas.

Untuk itu sesuai arahan Dwi EM Simanungkalit agar Pemerintah Kota Pangkalpinang membentuk Dewan Smart City dan Tim Pelaksana yang terdiri dari seluruh stakeholders untuk kemudian dilaksanakan Bimbingan Teknis melalui beberapa tahapan serta skenario yang pelaksanaannya akan dimulai pertengahan Juni 2022 nanti.

Setelah itu baru kemudian disusun Master Plan Kota Cerdas yang difasilitasi Tim Ahli dari beberapa perguruan tinggi ternama tanah air seperti UI, UGM, ITS dan lainnya yang akan berkolaborasi dengan Dewan Smart City & Tim Pelaksana.

Implementasi Master Plan ini disusun berdasarkan tahapan jangka pendek tahunan, menengah 5 tahunan dan panjang 10 tahunan yang perkembangan pelaksanaannya akan dievaluasi oleh Kementrian Kominfo setiap tahun dimana hasilnya harus ditindaklanjuti melalui program-program strategis, program prioritas maupun penunjang yang menyebar di semua sektor.

Audiensi yang berlangsung selama hampir satu jam tersebut diwarnai dengan dialog interaktif diselingi canda tawa kemudian diakhiri dengan foto bersama dan makan siang.

“Kia patut bersyukur terpilih menjadi salah satu dari 50 kabupaten/kota se Indonesia, dan di Babel sendiri hanya Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Selatan,” ungkap Kadis Kominfo Pangkalpinang, Sarbini, Kamis (26/5/2022).

Ia juga mengatakan bahwa program Kota Cerdas ini bukan hanya pilihan tapi tuntutan ditengah perkembangan yang sudah serba digital.

“Dengan fasilitasi Tim Ahli dari Kemenkominfo maka program Kota Cerdas di Kota Pangkalpinang akan terarah dan berkelanjutan,” tegasnya.

Sementara Belly menyatakan Bappelitbangda berkomitmen untuk mendukung implementasi program Kota Cerdas Pangkalpinang yang nanti berujung ke peningkatan pelayanan dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kota Beribu Senyuman Pangkalpinang.(*/red)