280 Siswa SMP N 1 Koba Khatam Al Quran, Syarifullah Nizam: Sekolah Lain Bisa Tiru

IMG 20220530 WA0003
Foto: Asisten Bidang perekonomian dan pembangunan, Syarifullah Nizam.(Erwin/intrik)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Sebanyak 280 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Koba khatam Al-Quran. Kegiatan khataman itupun digelar di halaman sekolah dengan mengusung tema ‘Bersama Al-Quran menjadi Generasi Terdepan’, Senin (30/5/2022).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Bangka Tengah, Ahmad Syarifullah Nizam yang mewakili bupati Bangka Tengah.

Dalam kata sambutannya, ia mengajak para siswa untuk khatam Al-Quran satu kali dalam satu bulan, dan menyampaikan salah satu dari 17 keutamaan membaca Alquran.

“Dalam hadist menyebutkan bahwa harus Khatam Al-quran itu satu kali dalam sebulan, karna membaca Al-Quran itu banyak manfaatnya. Salah satu keutamaannya ialah kita diberikan status luar biasa sebagai manusia terbaik oleh Allah, selain itu juga kita membacakan satu huruf Al-Quran itu satu kebaikan dikalikan 10 pahalanya. Dan kita ketahui juga membaca Al-quran sebagai obat penenang jiwa semakin banyak membaca Alquran hati dan jiwa kita akan menjadi tentram damai,” ungkapnya.

Ia mengapresiasi program membaca Al-Quran di sekolah, dan berharap sekolah-sekolah di Bangka Tengah bisa menerapkan dan tiru kegiatan ini.

“Ini adalah program yang sangat luar biasa, karena membaca Al-Quran itu memang banyak sekali keutamaan dan manfaatnya. Bila ada sekolah yang telah menggiatkan program atau kegiatan seperti ini maka patut kita apresiasi dan acungkan jempol,” ucapnya.

“Kita pemerintah daerah merasa sangat terbantu dan bangga sekali dengan kegiatan seperti ini, kita berharap ini bisa diterapkan di seluruh sekolah tingkat SD ataupun SMP di seluruh Bangka Tengah Ini, jika ini bisa dilakukan oleh semua sekolah maka akan menumbuhkan kecintaan kita kepada Alquran,” sambungnya.

Laporan wartawan intrik.id/Erwin