Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

THR Tak Kunjung Cair, Honorer di Bangka Tengah Terpaksa Ngutang

164
×

THR Tak Kunjung Cair, Honorer di Bangka Tengah Terpaksa Ngutang

Sebarkan artikel ini
Screenshot 20220426 194041324 1
Foto: ilustrasi

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1443 H bagi honorer di Kabupaten Bangka Tengah tak kunjung cair.

THR yang sebelumnya sudah dijanjikan itu, baru akan di cairkan pada H-1 lebaran nanti atau tepat pada tanggal 1 Mei 2022.

Lambatnya THR tersebut dikeluhkan oleh salah seorang honorer, ES. Ia mengaku harus meminjam uang kepada keluarga maupun rekan lainnya untuk memenuhi kebutuhan untuk lebaran.

“Sebenarnya udah nunggu-nunggu dari kemarin dan temen-temen lain juga udah pada tanya, soalnya THR yang ASN dan pegawai swasta kebanyakan udah pada cair semua,” ucapnya kepada intrik.id, Jumat (29/4/2022).

Ia mengaku berencana menggunakan uang tersebut untuk membeli keperluan lebaran seperti membeli kue-kue, baju lebaran ataupun memberi jatah THR kepada orang tua, adik-adik, sepupu dan keponakannya.

“Terpaksa pinjem dulu (uang-red) sama temen. Kalau enggak gitu ya kami enggak bisa lebaran. Nanti kalau uangnya (THR-red) udah cair, baru diganti,” ujarnya.

Tak hanya itu, jika memang kondisinya memungkinkan, dia berkata baru akan mulai berbelanja keperluan tersebut pada H-1 lebaran nanti.

“Jadi sekarang ini cuma bisa gigit jari sambil nunggu uang THR-nya cair,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bangka Tengah, Redatama mengatakan bahwa pencarian THR untuk honorer baru bisa dicairkan pada bulan Mei nanti.

Hal tersebut dilakukan lantaran pembayaran THR bagi tenaga honorer di Kabupaten Bangka Tengah dibayar serempak bersamaan dengan gaji pokok yang memang biasanya dibayarkan setiap awal bulan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Pembayaran THR itu sistemnya melekat dengan gaji pokok dan tidak bisa dipisah, sudah aturannya begitu. Jadi, enggak mungkin mau kita bayarkan bulan ini (April-red). Karena enggak bisa dalam satu bulan itu ada dua kali pencairan gaji pokok,” ucap Redatama.

Oleh karena itu, Hari Raya Idul Fitri 1443 H yang kebetulan bertepatan pada awal bulan Mei itu membuat pihaknya akan mempercepat pencairan gaji pokok dan THR secepat mungkin.

“Biasanya untuk pembayaran gaji pokok honorer di Bangka Tengah ini dilakukan setiap awal bulan sekitar tanggal 1 hingga 10,” ujarnya.

Lanjut dia, dikarenakan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, jatuh pada tanggal 2 atau 3 Mei, pihaknya telah mengusahaka tanggal 1 Mei 2022 nanti, THR honorer tersebut sudah cair.

“Kami juga sudah koordinasikan dengan pihak Bank agar hak honorer tersebut bisa dibayarkan meskipun memang sudah waktu libur cuti lebaran,” pungkasnya.

Adapun jumlah THR yang akan diterima oleh tenaga honorer di Kabupaten Bangka Tengah adalah senilai Rp 1 juta, sama seperti tahun sebelumnya.

“Saat ini, kami sudah menerima pengajuan pencairan gaji pokok dan THR tersebut dari masing-masing bendara OPD. Kami usahakan tanggal 1 Mei nanti sudah cari semuanya, karena ini juga instruksi langsung dari pimpinan,” kata dia.

Laporan wartawan intrik.id/Erwin