Opini  

Pendidikan Karakter Sejak Dini, Penting Nggak sih?

IMG 20220405 WA0002
Ernest Violita

Penulis: Ernest Violita, Mahasiswa Fakultas Hukum/Universitas Bangka belitung

Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan seseorang. Pendidikan dapat menentukan dan menuntun masa depan dan arah hidup seseorang. Walaupun tidak semua orang akan berpendapat seperti itu, namun pendidikan tetaplah menjadi kebutuhan manusia nomor satu. Karena bakat dan keahlian seseorang akan terbentuk dan terasah melalui pendidikan. Pendidikan juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur kualitas setiap orang.

Secara sederhana pendidikan dapat diartikan sebagai suatu proses pembelajaran guna mengembangkan potensi yang ada pada diri seseorang agar memiliki sebuah pengendalian dalam diri, kepribadian, akhlak, serta keterampilan yang dianggap perlu terhadap dirinya dan masyarakat. Didampingi dengan karakter yang sudah terbentuk dengan baik dan matang agar kedepannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karakter itu sendiri dapat diartikan sebagai suatu pembawaan individu berupa sifat, kepribadian, watak, serta tingkah laku yang diekspresikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan karakter merupakan sebuah usaha yang dilakukan manusia secara sadar juga terencana, yang dimana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna untuk membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya. Dan juga dalam pendidikan karakter sistem pendidikan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.

Beberapa cara mendidik karakter yang dapat kita terapkan sehari-hari kepada anak-anak, yaitu:
1. Mengajarkan ibadah tepat waktu kepada anak.
2. Menciptakan sebuah komunikasi yang. baik dalam keluarga dan menanamkan sifat kejujuran sejak dini.
3. Mengajarkan kepada anak disiplin tepat waktu dalam melakukan tugasnya.
4. Mengajarkan anak sopan santun dan bersikap rendah hati kepada orang lain.
5. Mengajarkan anak untuk bersosialisasi atau berinterkasi dengan banyak orang dari berbagai macam latar belakang.
Pendidikan karakter juga memiliki hubungan yang sangat erat dengan pendidikan moral, yang memiliki tujuan didalamnya untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik.

Nah, dengan perkembangan zaman didunia pendidikan yang terus berubah dengan signifikan. Dapat kita ketahui juga bahwa pengaruh globalisasi secara terus menerus akan berdampak pada perubahan karakter seseorang. Dengan itu, apabila kurangnya pendidikan karakter akan menimbulkan krisis moral yang berakibat pada perilaku negatif di masyarakat, misalnya pergaulan bebas, pencurian, penggunaan obat-obat terlarang, dan lain sebagainya.

Pendidikan karakter yang dilakukan secara sistematis dan konsisten akan melahirkan seorang anak dengan emosi yang cerdas. Dari kecerdasaan emosi ini akan menjadi bekal bagi mereka untuk menjalani kehidupan bermasyarakat. Serta berguna pula untuk mengejar mimpinya karena si anak akan mengerti bagaimana cara menghadapi berbagai macam rintangan yang terjadi selama hidupnya.

Sangat berdampak baik apabila orang tua menanamkan pendidikan karakter sejak dini kepada anak, agar membentuk sebuah kepribadian, watak serta tingkah laku yang baik terhadap dirinya sendiri maupun orang banyak. Hal yang mendasar ini membuat pendidikan karakter menjadi suatu hal yang penting yang harus diberikan pada anak karena nilai-nilai dasar ini sangat dibutuhkan untuk kedepannya. Peran keluarga dalam pendidikan karakter anak sangatlah penting. Seperti yang kita tahu, keluarga merupakan tempat pertama bagi anak untuk bersosialisasi.

Serta peran pemerintah dalam hal ini juga sangat diperlukan. Dalam hal penayangan televisi haruslah memperbanyak tayangan televisi anak, seperti penayangan tentang edukasi, dan kartun anak yang dapat mengembangkan karakter anak.

Oleh karena itu, peran dari keluarga terutama orang tua akan sangat diperlukan karena memberikan dampak dalam pembentukan karakter anak. Kebiasaan-kebiasaan yang diterapkan dirumah pasti akan anak bawa terus kemanapun ia pergi. Maka dari itu sangatlah penting pendidikan karakter ditanamkan sejak dini kepada anak untuk menghindari perbuatan atau hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian harinya.(*)