Scroll untuk baca artikel
Ekonomi/BisnisBangka TengahWisata/Kuliner

Masyarakat Kurau Keluh Kesah ke Sandiaga Uno

168
×

Masyarakat Kurau Keluh Kesah ke Sandiaga Uno

Sebarkan artikel ini
IMG 20220420 WA0002
Foto: Sandiaga Uno saat menunjukkan salah satu produk UMKM Desa Kurau.(Erwin/INTRIK.ID)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno berkunjung ke Bangka Tengah, tepatnya di Desa Kurau Kecamatan Koba, Rabu (20/4/2022).

Dalam kunjungannya, Sandiaga Uno mendatangi salah satu rumah produksi rumahan makanan khas Bangka yaitu getas dan ampiang. Ia meninjau cara produksi getas dan mencoba menggorengnya secara langsung.

Namun kunjungan Menparekraf tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk berkeluh kesah terkait masalah UMKM.

“Pak menteri, kami minta arahan secara langsung menyikapi masalah UMKM yang ada di Kurau ini. Pertama minyak yang mahal, kedua air bersih dan ketiga manajemen karyawan yang baik bagaimana. Mungkin itu saja pak menteri,” keluh salah satu pelaku UMKM penjualan getas dan ampiang, Cie Cie Kurau.

Menyikapi keluhan tersebut, Sandiaga langsung menyuruh Gubernur Bangka Belitung Erzaldi dan Juga Bupati yang turut hadir untuk menjawab hal tersebut.

“Untuk masalah minyak pak Gubernur langsung bisa menyikapi. Untuk penyaluran air bersih nanti pak Bupati dan untuk manajemen perusahaan biar saya saja,” jelasnya.

Ia menegaskan, jika ingin membuat karyawan betah dan manajemen bagus, selalu tegaskan bahwa dalam bekerja itu mencari keberkahan. Dalam manajemen karyawan, kita harus terbuka soal keuntungan dan harus saling berbagi kepada karyawan.

“Saya dulu karyawan cuma 3. Saya selalu tegaskan kepada mereka untuk bekerja dalam keberkahan. Saya terbuka untuk keuntungan. Saya juga selalu menyisihkan 20 persen keuntungan untuk karyawan saya agar mereka betah. Berbagi dan anggap karyawan adalah aset itu sangat penting. Gara-gara itu karyawan saya sekarang 30 ribu,” tegasnya.

Diwaktu yang sama, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi juga langsung menyikapi masalah minyak yang mahal.

“Untuk minyak nanti didata berapa UMKM dan keperluan minyaknya. Kirim ke staf saya dan kita akan sediakan minyak goreng curah dari Belitung untuk UMKM di Kurau,” jawabnya.

Sementara itu, masalah air bersih yang dialami UMKM Kurau langsung dijawab oleh Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman.

“Untuk masalah air, kita akan sediakan air bersih dari Penyak sampai Kurau nantinya. Masalah ini akan rampung ditahun ini dan akan kita kejar selalu,” jawabnya.

Sandiaga Berharap dengan adanya perhatian langsung dari pemerintah, diharapkan semua pelaku UMKM selalu berjaya untuk kemajuan Bangsa Indonesia yang lebih baik.

Acara ditutup dengan penyerahan izin usaha kepada pelaku UMKM dan foto bersama dengan menteri membawa produk.

Laporan wartawan INTRIK.ID/Erwin