Tiga Inovasi Diskominfo Dapat Penghargaan dari Walikota Pangkalpinang

IMG 20220310 WA0006
Foto: Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil saat memberikan penghargaan kepada Diskominfo.(ist)

INTRIK.ID, PANGKALPINANG – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang mendapatkan penghargaan dari Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil yang dinilai sebagai OPD inovatif.

Dinas Komunikasi dan Informatika menjadi satu dari 17 OPD di lingkup Pemkot Pangkalpinang yang menerima penghargaan tersebut.

Kepala Diskominfo Pangkalpinang, Sarbini mengatakan penghargaan yang diterima akan menjadi motivasi dan memompa seluruh jajarannya untuk terus aktif berkreasi dan inovasi.

Dia pun sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada tim di tiga bidang yang telah melahirkan berbagai inovasi dalam bentuk informasi publik dan aplikasi pelayanan publik.

“Motivasi Diskominfo tentu bukan semata-mata mendapatkan penghargaan saja, tetapi untuk lebih meningkatkan pelayanan publik sesuai tugas dan fungsi masing-masing dengan pelayanan yang mudah, murah dan cepat berbasis IT,” ujar Sarbini, Kamis (10/3/2022).

Dia menuturkan pembuatan aplikasi yang dilakukan Bidang Penyelenggaran e-Goverment dapat memberi contoh kepada OPD lain karena Diskominfo merupakan leading sektor dalam hal itu.

Sarbini menyebut yang tengah diupayakan saat ini yakni menyiapkan aplikasi khusus agar dapat mengintegrasikan data secara realtime dari berbagai sektor. Selain itu tetap menyempurnakan aplikasi yang sudah ada maupun membuat aplikasi khusus lagi jika diperlukan.

“Kita juga sedang memfasilitasi pembuatan aplikasi khusus terkait dengan pengujian kendaraan bermotor bersama dengan Dinas Perhubungan Pangkalpinang. Kita juga sedang mengupayakan aplikasi khusus dalam rangka kerja sama media secara daring, tidak secara manual yang saat ini masih berjalan,” tutupnya.

Tiga inovasi Diskominfo yang mendapatkan penghargaan meliputi KONDITE (Koran Digital Kite) digarap Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, SENYUM (Semue Bise Nyari Informasi Umum) digarap Bidang Peyelenggaraan e-Goverment dan ADISTI (Aplikasi Data Terintegrasi) dari Bidang Persandian dan Statistik.(*)