Siap-siap, Agustus nanti TV Analog Tidak Dapat Digunakan Lagi di Bangka

Screenshot 20220324 213545655 1
Foto: ist

INTRIK.ID, BANGKA — Mulai Agustus 2022 nanti siaran tv di Kabupaten Bangka hanya bisa disaksikan melalui TV Digital. Hal tersebut sesuai ketetapan Kementerian Komunikasi dan Informatika akan melakukan migrasi layanan TV Analog ke TV Digital.

Kepala Diskominfotik Bangka, Boy Yandra mengatakan penghentian siaran TV Analog atau Analog Switch Off (ASO) tersebut sebenarnya akan dilakukan secara bertahap kesetiap daerah mulai 30 April 2022 hingga 2 November 2022.

“Perpindahan ini ada tiga tahap, Kabupaten Bangka masuk kedalam tahap kedua yakni mulai 25 Agustus 2022 bersamaan dengan Kabupaten Bangka Barat,” ungkapnya, Kamis (24/3/2022).

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat segera beralih dan mendapatkan manfaat dari TV digital.

“Siaran TV Digital lebih bersih gambarnya, jernih suaranya, canggih teknologinya, dan banyak programnya. Paling penting, tetap gratis menontonnya,” jelasnya.

Hanya saja, tidak semua TV sudah dilengkapi dengan peralatan penangkap siaran TV Digital tersebut. Meskipun begitu, masyarakat masih bisa menikmatinya dengan menggunakan alat tambahan yakni Set Top Box.

“Info dari saat ini penyiaran TVRI sudah bisa diterima secara digital, begitu juga dengan MNC Group. Cuma untuk TV yang belum smart, tidak dilengkapi penerima siaran digital. Untuk itu perlu dipasang peralatan Set Top Box yang bisa dibeli di toko online atau toko elektronik di pasar,” ujarnya.

Namun demikian, Boy mengatakan bahwa bagi keluarga Program Keluarga Harapan atau PKH akan menerima bantuan Set Top Box dari Kemenkominfo.

“Bantuan akan diberikan melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospemdes). Jumlahnya sesuai data PKH yang ada di sana,” katanya.(red)