Produk Koperasi Perikanan Bisa Dijual di Gedung Smesco

IMG 20220310 WA0001
Foto: Kasi Pemasaran Dinas Koperasi dan UMKM Bangka Belitung, Fred Ferdiansyah.(Erwin/INTRIK.ID)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Produk olahan milik koperasi perikanan bisa dipajang dan dijual di Gedung Smesco Jakarta. Hal itu diungkapkan Kasi Pemasaran dan Promosi Dinas Koperasi dan UMKM Bangka Belitung, Fred Ferdiansyah saat menjadi materi pelatihan bagi pengurus koperasi perikanan bateng, Rabu (9/3/2022).

Namun untuk bisa masuk kedalam gedung Smesco tersebut, prodok olahan dari koperasi harus memiliki beberapa persyaratan.

“Kalau Ada produk yang sudah ada PIRT dan juga sertifikat halal dari koperasi sini bisa kita bawa ke Jakarta dan jual disana,” ungkapnya.

Ia menjelaskan koperasi jangan takut dalam membuat produk dan kemasannya. Selain itu, Fred juga mengatakan bahwa banyak koperasi takut rugi dalam membuat produk dan juga malas dalam membuat kemasan dan PIRT serta sertifikat halal.

“Kita itu produknya banyak dan lebih enak dari luar. Tapi kita malas buat PIRT dan sertifikat halal serta kemasannya asal saja. Itu jadi masalah di masyarakat di koperasi dan UMKM kita,” tegasnya.

Selain itu, ia juga mengatakan permasalahan lainnya yang sering terjadi di Bangka Belitung karena banyak masyarakat yang belum melek teknologi atau gaptek. Padahal di era 4.0 ini masyarakat harus melek teknologi agar mampu bersaing dan memasarkan produk kemana saja.

“Kita itu masyarakat kurang melek teknologi. Padahal jika kita mampu belajar teknologi maka pemasaran dan penjualan aman,” tegasnya.

Fred berharap dengan adanya pelatihan seperti ini akan lebih memunculkan masyarakat koperasi yang produksi serta melek teknologi.

Laporan wartawan INTRIK.ID/Erwin