Opini  

Persiapan Indonesia Menuju Negara Maju Tahun 2045

20220307 101244
Greace Naomi Situmorang

Penulis: Greace Naomi Situmorang

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung 

 

Cita-cita Indonesia saat ini ingin menjadi Negara maju tahun 2045. Impian ini sudah lama di cita-citakan Indonesia. Untuk itu, menjadi negara maju butuh persiapan yang matang dan ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Pertama, infrastruktur yang memadai baik dari sisi kualitas sehingga dapat mendorong aktivitas ekonomi yang berkelanjutan.

Kedua, Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, punya karakter yang kuat serta skill yang biasa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Oleh karenanya, reformasi dibidang pendidikan perlu dijunjung tinggi.

Ketiga, kesiapan adoksi teknologi. Prasyarat ini akan sejalan dengan misi pemerintah saat ini yang bakal mengembangkan sistem information and communication technology (ICT).

Keempat, perencanan kewilayahan yang memadai, komprehensif, dan matang. Ini akan sejalan dengan pembangunan infrastruktur.

Kelima, ekonomi dan sektor keuangan Indonesia mesti sustainable, kredibel, maju, dan sehat. Anggaran pendapatan dan belanja Negara (APBN) harus tetap baik dijaga meskipun menghadapi tekanan. Hal tersebut dapat dicapai apabila Indonesia mampu menjaga implementasi kebijakan ekonomi yang baik, prudent, dan inovatif.

Saat ini kita sudah masuk dalam kelompok G20 dengan ukuran dari perekonomian kita yang masuk di dalam 20 terbesar,” kata Menkeu secara daring dalam Webinar Akselerasi Indonesia Maju melalui penanam modal dan insentif fiscal,Kamis (01/04). Ketika merayakan 100 tahun kemerdekaan Indonesia pada tahun 2045, proyeksi demografi penduduk Indonesia mencapai 319 juta jiwa dengan usia produktif sebesar 47%, kelompok kelas menengah sebesar 70%, serta 73% masyarakat tinggal di daerah perkotaan. “Dengan pendapatan perkapita kita mencapai US$23.199, itu berarti kita masuk di dalam middle upper class. Dan tentu kita berharap struktur perekonomian kita akan didukung oleh struktur perekonomian yang memiliki daya kompetisi dan memiliki nilai tambah yang tinggi.”

Dibutuhkan berbagai syarat untuk mencapai cita-cita menjadi negara maju, yakni infrastruktur, kualitas SDM, teknologi, birokrasi pemerintah, tata ruang wilayah, serta sumber daya ekonomi dan keuangan.

Mencapai Indonesia maju tidak seperti Candi Roro Jonggrang. Bagaimana kita membangun kualitas SDM kita, bagaimana kita terus membangun infrastruktur kita, bagaimana kita harus terus mampu tidak hanya mengadopsi, menggunakan, namun menjadi inventor dari teknologi. Selanjutnya, sektor publik seperti birokrasi, harus terus diperbaiki kualitasnya, baik dari sisi produktivitas, pelayanan, dan tata kelola. Menata ruang atau wilayah sebagai negara kepulauan juga menjadi hal yang penting karena lautan Indonesia memiliki potensi yang luar biasa besar.(*)