Pemkab Bangka Tengah Siapkan Rp 100 Juta Melalui Bank Sumsel Babel untuk UMKM

IMG 20220331 WA0003
Foto: Sekda Bateng foto bersama dengan kepala pimpinan cabang Bank Sumsel Babel cabang Koba.(Erwin/INTRIK.ID)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) melakukan tanda tangan perjanjian kerja sama dengan Bank Sumsel Babel Cabang Koba, kamis (31/3/2022).

Dalam kesempatan itu, Sekertaris Daerah (Setda) Bangka Tengah, Sugianto mengatakan kerjasama tersebut dalam hal pemberian subsidi kredit bagi UMKM.

“Semoga program kerja sama ini dapat membuat ekonomi tumbuh dan berputar dikalangan UMKM, apalagi kita ada program bangga belanja produk Indonesia. Dalam permodalan, Bangka Tengah dengan program subsidi kredit ini berharap pertumbuhan ekonomi mampu membuat pelaku UMKM lebih mampu bersaing serta dapat menambah modal untuk memperbesar usahanya,” harapnya.

Setda mewakili Pemda Bateng berterima kasih atas fasilitas yang diberikan kepada masyarakat Bangka Tengah terutama bagi pelaku UMKM.

“Terima kasih Bank Sumsel Babel Koba selama ini selalu bisa bekerja sama untuk membantu masyarakat Bangka Tengah,” ucap Sugianto.

Muhammad Muslimin Selaku Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Cabang Koba menjelaskan, kredit bunga 6 persen ini nantinya akan ada subsidi dari Pemkab Bateng selaku penyalur subsidi.

“Nanti pelaku UMKM akan meminjam ke Bank Sumsel Babel dengan maksimal pinjaman 25 juta lewat program KURDA (Kredit Usaha Rakyat Daerah-red). Nah total pinjaman ini nantinya akan ada bunga 6 persen. Bunga 6 persen inilah yang disubsidi Pemerintah Daerah Bangka Tengah atau biasa disebut Kredit tanpa anggunan,” jelasnya.

Program subsidi kredit dari pemerintah ini adalah yang pertama dan akan dianggarkan subsidi sebesar 100 juta rupiah oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.

Acara tersebut ditutup dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Bangka Tengah Cherlini dan Kepala Cabang Bank Sumsel Cabang Koba Muhammad Muslimin.

Laporan wartawan Erwin/INTRIK.ID