MTQH Simpang Katis Resmi Ditutup, Wahyu Harap Bisa Bentuk Karakter Generasi Islami

IMG 20220324 WA0001
Foto: Wahyu Nurakhman foto bersama dengan juri dan panitia MTQH Simpang Katis.(Erwin/INTRIK.ID)

INTRIK.ID, BANGNA TENGAH – Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadits (MTQH) Tingkat Kecamatan Simpang Katis Tahun 2022 resmi ditutup, Rabu (23/3/2022) malam.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak Senin (21/3/2022) itu berlangsung di Mesjid Nurul Iman, Desa Pinang Sebatang.

Bupati Bangka Tengah, yang diwakili oleh Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Wahyu Nurrakhman mengatakan terlaksananya kegiatan ini dapat membentuk dan menjadikan karakter anak sebagai generasi Islami.

“Kita sebagai orang tua harus membentengi, kita yang harus menguatkan iman yang akan menjadi contoh untuk anak-anak kita. Jagalah keluarga dan anak-anak kita,” ujarnya.

Disampaikannya bahwa hidup di era digital saat ini tentu sangat mempermudah akses sebuah informasi yang dikonsumsi oleh publik. Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi karakter anak jika penggunaan internet tidak diawasi.

Oleh sebab itu, Wahyu menghimbau agar para orang tua membatasi serta mengawasi anaknya agar tidak terlalu larut dalam penggunaan cyber.

“Pengaruh media sosial itu luar biasa Bapak Ibu sekalian dan semua orang bisa melihat atau mengakses konten di media sosial. Banyak unsur-unsur yang bertentangan dengan hukum Islam. Oleh sebab itu, mari awasi anak-anak kita dalam menggunakan internet,” jelas Wahyu.

Ia mengungkapkan karakter anak yang baik dan Islami itu bisa terwujud jika orang tua mengajarkan tentang kebaikan, perbuatan apa saja yang harus diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dalam ajaran Islam.

“Mari bapak ibu sekalian kita jaga anak-anak kita yang merupakan titipan Allah untuk menjadi manusia berakhlak mulia,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Wahyu memberikan ucapan selamat kepada anak-anak yang telah memperoleh juara pada 30 cabang yang diperlombakan pada MTQH tersebut. Ia pun berharap para pemenang dapat berprestasi ke tingkat selanjutnya.

“Selamat kepada adik-adik semuanya, yang belum berhasil jangan putus asa dulu. Di lain kesempatan, atas izin Allah, kalian pasti bisa,” tutup Wahyu.

Laporan wartawan Erwin/INTRIK.ID