Mantan Kepala Disperindag Bateng Dihadirkan di Hari Terakhir Pelatihan Koperasi Perikanan

IMG 20220311 WA0002
Foto: Useng Komara.(Erwin/INTRIK.ID)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Hari terakhir pelatihan pengembangan SDM Koperasi Perikanan datangkan pensiunan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bangka Tengah, Useng Komara, Kamis (10/3/2022) di Grand Vella Hotel.

Dalam materinya Useng menyampaikan, dirinya hanya seorang pelaku UMKM dan juga penyuluh perikanan.

“Saya bukan apa-apa. Kebetulan kuliah jurusan perikanan saja dan diundang. Dulu saya juga penyuluh perikanan jadi mungkin sedikit paham,” ujarnya.

Useng mengatakan dirinya tidak paham dengan penangkapan dan hanya mengerti tentang pembudidaya saja.

“Kalo bagian perikanan ada penangkapan dan budidaya. Nah kalo saya yang lumayan mengerti di bidang budidaya. Karena setelah pensiun saya langsung budidaya ikan dan juga menjadi petani,” ucapnya.

Ia menjelaskan, dirinya sebagai pelaku UMKM di bidang budidaya ikan seperti Gurame, Nila, Patin dan Baung serta petani. Ia menjelaskan, Bangka Belitung atau Bangka Tengah sangat strategis dalam budidaya ikan ataupun udang.

“Ini saya tunjukan video kolam saya. Ini kolam bekas tambang, terus airnya langsung dari bukit dan gak pernah kering. Jadi strategis sekali dalam memanfaatkan lahan bekas timah dalam hal budidaya. Dan saya juga menanam beberapa pohon dan juga ternak ayam sebagai petani,” jelas Useng.

Ia menegaskan Koperasi Perikanan harus mampu menjadi koperasi produksi serta mampu bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

“Koperasi itu harus produktif. Bisa membiayai diri dan anggotanya serta harus mampu memberi manfaat di daerah koperasi tersebut yang artinya koperasi harus produktif,” tegas Useng.

Ia menjelaskan jika para pelaku koperasi perikanan mampu untuk berproduksi dalam bidang budidaya, maka bisa mensejahterakan anggotanya.

“Pasar ikan air tawar tinggi, bayangkan dari budidaya ikan patin saja dalam satu kolam dengan modal 40jt bisa balik modal hingga 100jt. Kalo semua anggota bisa berbudidaya, bayangkan bagaimana sejahteranya anggota koperasi dan koperasi itu sendiri,” jelasnya.

Useng berharap dengan materi yang disampaikan dapat memotivasi seluruh koperasi perikanan serta menjadi inspirasi untuk seluruh koperasi perikanan dalam hal budidaya ikan dalam produksi.

Laporan wartawan INTRIK.ID/Erwin