Jadi Daerah Penghasil Ikan Tertinggi, Algafry Siap Bantu Nelayan dan UMKM

IMG 20220311 WA0005
Foto: Algafry Rahman saat melihat UMKM hasil olahan ikan.(Erwin/INTRIK.ID)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman tegaskan bahwa ia siap membantu nelayan dan pelaku UMKM.

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri pembukaan Bazar Produk Olahan Hasil Perikanan di halaman Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan oleh Bunda PAUD Bangka Tengah, Eva Fidia Algafry, Jumat (11/3/2022).

“Produk-produk hasil olahan ikan ini sudah masuk di minimarket dan itu memang tujuan pemda mengembangkan UMKM yang ada. Kami juga akan membantu pemasaran, pengemasan, P-IRT, sertifikasi halal dan juga depkes BPOM untuk produk-produk hasil olahan perikanan UMKM,” ungkap Algafry saat ditemui awak media INTRIK.ID.

Pihaknya juga selalu menggaungkan ayo makan ikan untuk seluruh masyarakat Bangka Tengah. Hal ini untuk mengajak masyarakat agar gemar makan ikan.

“Acara ini memang rutin untuk mengajak masyarakat gemar makan ikan dengan berbagai bentuk olahan. Ini juga bisa mencegah Stunting dan juga memanfaatkan produksi ikan Bangka Tengah yang banyak,” ucapnya.

Algafry menambahkan Bangka Tengah merupakan produksi perikanan tertinggi termasuk ikan air tawar. Hal ini dikarenakan Bangka Tengah selalu mendampingi dan membimbing serta sosialisasi Sidolpin (Sistem Informasi Daerah Potensial Penangkapan Ikan) kepada para nelayan.

“Kita itu produksi ikan tertinggi di Bangka dan setiap tahun naik. Skala ini bukan hanya ikan laut, tapi juga ikan air tawar. Kita akan selalu memberikan bimbingan kepada nelayan, apa lagi kita punya Sidolpin untuk membantu nelayan menangkap ikan,” tambah Algafry.

Ia bersama Wakil Bupati Bangka Tengah juga ikut membeli produk yang ada di Bazar Produk Olahan Hasil Perikanan. Terlihat juga para pelaku UMKM yang langsung menawarkan untuk memasaknya secara langsung.

Laporan wartawan INTRIK.ID/Erwin