Fakta Unik dan Keajaiban Tentang Matematika

IMG 20220311 WA0000
Caption : Adi Pariansyah,S.Pd Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Negeri 1 Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung

Oleh : Adi Pariansyah,S.Pd
Guru Matematika SMK Negeri 1 Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung

 

Matematika salah satu ilmu paling tua dalam peradaban manusia. ilmu ini sudah dekat dengan kehidupan sehari-hari. Matematika adalah ilmu tentang logika , mengenai bentuk,susunan,besaran, dan beberapa konsep berkaitan satu dengan yang lain.

Melalui tulisan saya kali ini, saya ingin menunjukkan bahwa matematika mengajak kita melakukan perubahan menuju kebaikan, secara konsisten memberikan dampak berarti.

Matematika mengajak kita jangan meremehkan angka-angka tersusun mengikuti pola unik penuh misteri.

Prinsip matematika ada pada bangunan menjulang tinggi, perangkat selular yang kita pakai. Matematika juga dipakai mengkalkulasi anggaran perusahaan maupun rumah tangga, pertunjukan seni dan olah raga. Kebutuhan matematika seiring perkembangan masyarakat. Semakin kompleks suatu masyarakat, semakin kompleks pula kebutuhan matematisnya.

Dahulu kala, suku-suku primitif matematika untuk menghitung posisi matahari dan menentukan teknik berburu. Seperti masyarakat Yunani matematika untuk mendirikan bangunan dan menyusun struktur pemerintahan. Kini algoritma menjadi faktor kunci dalam kehidupan digital di era revolusi industri 4.0.

Tidak dapat dipungkiri, matematika masih sering digambarkan sebagai ilmu serius, membosankan bisa mengkerut dahi. Padahal banyak fakta unik dan menarik seputar matematika, Kini semakin banyak anjuran agar para guru memperkenalkan matematika memancing minat orang untuk mempelajarinya. Dengan cara tersebut, Matematika akan dilihat sebagai ilmu yang akrab dan dekat.

Berikut ini sejumlah fakta menarik, unik dan luar biasa di seputar matematika. Semoga dapat menjadi pintu masuk untuk dapat mencintainya lebih jauh.

1.Keajaiban Angka 9.
Angka 9 diyakini sebagai angka yang mengagumkan dan ajaib. Cobalah kamu mengalikan sembarang angka dengan 9. Bila kamu tambahkan semua digit dari hasil perkalian itu, hasilnya pasti 9.
Contoh: 2×9 = 18. (1+8 = 9) 3×9= 27. (2+7 = 9) 13×9=117. (1+1+7 =9)

2.Anak Kecil Pencipta Kata Googol.
Google berasal dari kata googol’ Ini adalah istilah Matematika untuk angka 1 diikuti oleh 100 nol.
Nama ini dicomot dari perkataan anak kecil berusia sembilan tahun. Pada tahun 1930-an, Matematikawan Amerika Serikat, Edward Kasner, ingin mencari istilah untuk angka 1 dengan 100 nol. Lalu ia bertanya kepada keponakannya yang berusia 9 tahun, Milton Sirrota. Sang keponakan menjawab, “Googol.” Seterusnya, Kasner menggunakan kata itu.

3.Orang Romawi Tidak Memiliki Angka untuk Nol.
Kamu masih tahu angka Romawi, bukan? Nah sistem angka Romawi ternyata tidak mengenal angka nol. 4 angka Nol membuat Kapal Perang AS Mogok Pada tahun 1997, seorang kru kapal perang AS, USS Yorktown, secara keliru memasukkan angka nol ke dalam sistem komputer kapal tersebut. Ini menyebabkan piranti lunak kapal tersebut menjadikan angka nol sebagai pembagi, yang menyebabkan kapal mogok dan tidak dapat bergerak selama dua jam.

4.Hari Ulang Tahun yang Sama.
Bila kamu mengundang 23 orang dalam sebuah ruangan, ada peluang 50 persen menemukan dua orang di antara yang hadir memiliki hari ulang tahun yang sama. Jika jumlah orang ditambah menjadi 75, kemungkinannya bertambah menjadi 99 persen.
Maka jika kamu berulang tahun dengan jumlah undangan 75 orang, kemungkinan besar di antara undangan ada yang berhari ulang tahun sama.

5.Keistimewaan Angka 40.
Dalam Bahasa Inggris, Forty (40) adalah satu-satunya angka yang susunan hurufnya sesuai dengan urutan abjad. Sebaliknya, one (1) adalah satu-satunya angka yang susunan hurufnya berkebalikan dari susunan abjad.

6.Huruf A hanya ada pada Angka 1000.
Masih dalam Bahasa Inggris, dari 0 hingga 1.000, satu-satunya angka yang berunsur huruf ‘a’ adalah seribu (one thousand)

7.Keistimewaan Angka 4.
Four (empat, 4) adalah satu-satunya kata dalam Bahasa Inggris yang jumlah hurufnya sama dengan angka itu sendiri.

8.Huruf E pada Angka Ganjil.
Dalam Bahasa Inggris, setiap angka ganjil mengandung huruf e.

9.Sekejap itu Berapa Detik, Sih?.
Sekejap adalah unit waktu nyata. Artinya 1/100 detik.

10.Jumlah Angka dari 1 Sampai 100.
Bila masing-masing angka dari 1 hingga 100 ditambahkan secara berurutan (1+2+3+4+5+….dst) hasilnya 5050.

11.Mengingat Rumus Matematika dengan Memesan Kopi.
Pi seringkali disederhanakan sebagai rasio antara sebuah lingkaran dengan diameternya. Besarnya adalah 22/7 atau 3,1415926.
Namun ada cara lain untuk mengingat besaran Pi ini. Yaitu dengan mengingat kalimat “May I have a large container of coffee? Tiap jumlah huruf dari masing-masing kata dalam kalimat ini adalah angka-angka besaran Pi.

12.Keistimewaan Angka Satu.
Mungkin penyebutan untuk angka-angka ini belum semua kita tahu. Secara berurutan, kelipatan 1000 dari angka satu juta adalah sebagai berikut: miliar, triliun, kuadriliun, triliun, sextillion, septillion, octillion, nonillion, decillion, dan undecillion.
Salah satu keistimewaan Matematika adalah dapat diterapkan atau diaplikasikan dalam bidang ilmu lain.

Tidak hanya ilmu eksak, ilmu non eksak pun menggunakan matematika. Bahkan ilmu Bahasa pun menggunakan Matematika. Nggak percaya..? Dalam ilmu Bahasa dikenal logika berbahasa yang tak ubahnya logika dalam Matematika. Ada pepatah, “ Siapa yang menguasai Matematika dan Bahasa maka akan menguasai dunia “. Artinya, matematika sebagai media melatih berpikir kritis, inovatif, kreatif, mandiri dan mampu menyelesaikan masalah, sedangkan Bahasa sebagai media menyampaikan ide yang ada dalam pikiran manusia.

Di lingkungan masyarakat pun secara tidak langsung orang sudah menggunakan Matematika. Ketika seseorang menghitung penghasilan, hasil panen, jumlah belanja, luas tanah, luas rumah, ongkos dan membuat rencana anggaran, mau tidak mau orang harus menggunakan matematika.

Jelas bahwa Matematika sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan kenyataan di atas, jelaslah bahwa Matematika sangat penting. Begitu pentingnya, matematika bukan hanya layak dipelajari tetapi harus dicintai juga.Mari kita memajukan dan membudayakan literasi numerasi dalam setiap kegiatan kehidupan bermasyarakat.