Ular Sanca 3 Meter Ditangkap Saat Melilit Ayam Warga

IMG 20220210 WA0000
Foto: Tim Damkar Bateng saat mengatakan seekor ular sanca.(Erwin/INTRIK.ID)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Ular dengan panjang 3 meter berhasil diamankan Unit Rescue Damkar Bangka Tengah, Kamis (10/2/2022).

Ular jenis Sanca itu masuk kedalam pekarangan rumah Suratman di Kelurahan Arung Dalam, Koba dini hari.

Ia mengatakan awalnya berpikir bahwa ada orang yang ingin mencuri karena ayam-ayamnya berisik. Namun setelah dilihat, ia pun kaget karena ada ular yang mengincar ayamnya.

“Jadi suara bising ayam membangunkan saya, terus ayam-ayam juga pada ketakutan. Saya pikir ada yang mau nyuri tapi ternyata ada ular,” ungkapnya.

Tak berpikir lama, ia pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke damkar agar bisa di evakuasi dan menyelamatkan ayam-ayamnya.

“Jadi waktu itu saya langsung lapor ke damkar,” tegas Suratman.

Mendapat laporan itu, tim Damkar langsung menuju lokasi untuk mengamankan ular tersebut. Namun saat tiba, ular tersebut sedang melilit ayam dan bersiap memangsanya.

Melihat kejadian itu, tim yang beranggotakan tujuh orang itu langsung bergegas dan berhasil mengamankan ular tersebut.

Salah satu anggota Damkar, Edi Oktono mengingatkan agar warga yang memiliki ternak untuk berhati-hati dan selalu menjaga pekarangan rumah agar tetap bersih.

“Jaga lingkungan tetap bersih, beri perlindungan untuk ternak. Apalagi yang rumahnya dekat alur sungai dan punya peternakan ayam seperti ini, karena ini bisa mengundang hewan pemangsa datang,” ungkapnya.

Laporan Erwin/INTRIK.ID