TP PKK Bateng Sudah Tunjuk Desa Sebagai Pilot Projects Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana

IMG 20220207 WA0009
Foto: Ketua TP PKK Bateng bersama Wakil Bupati Bateng foto bersama.(ist)

INTRIK.ID, PANGKALPINANG — Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bangka Tengah sudah mengutus desa/kelurahan dalam program Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana.

Ketua TP-PKK Kabupaten Bangka e, drg. Eva Algafry mengatakan pemilihan desa/kelurahan sebagai pilot projects itu berdasarkan beberapa indikator.

“Dengan koordinasi antara OPD dan PKK, Kabupaten Bangka Tengah juga sudah mengutus desa/kelurahan yang akan dijadikan pilot project, tinggal menunggu hasil dari verifikasi pusat,” ungkapnya setelah menghadiri launching acara Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana dia Ruang Rapat Pasir Padi Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (7/2/2022).

Ia juga menambahkan gerakan ini akan membantu pemerintah dalam mengedukasi serta menyelesaikan permasalahan-permasalahan masyarakat yang ada di Bangka Tengah.

“PKK tidak bisa sendiri, peran serta OPD juga sinergi antara PKK dengan OPD di Bangka Tengah dibutuhkan dalam mendukung keluarga sehat, tanggap dan tangguh bencana ini,” tambah Eva.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian juga mengapresiasi dan mendukung atas launchingnya Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana.

Ia mengatakan bahwa gerakan ini sangat dibutuhkan dalam mendukung dan mengedukasi masyarakat dalam menghadapi situasi pandemi dan bencana.

“Kita berharap seluruh stakeholder baik dari Pemerintah Kabupaten juga PKK dari tingkat Kecamatan, Kelurahan sampai Desa untuk bisa mensosialisasikan Gerakan Keluarga Sehat ini. Dengan menyosialisasikan hal ini, masyarakat akan bisa mengerti hidup sehat dan hal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi keadaan darurat atau bencana,” ungkapnya.

Launching Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana ini meliputi 9 pilot project, yaitu : peduli stunting, Menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), peduli Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), siaga kebakaran lingkungan, tanggap dan tangguh bencana alam, peduli lingkungan, menuju keluarga sehat berkualitas, menuju keuangan sehat, mewujudkan keluarga sehat.

Laporan Erwin/INTRIK.ID