Opini  

Perkembangan Sirkuit Mandalika Sebelum dan Setelah Diresmikan Oleh Pemerintah

IMG 20220214 173657

Penulis: Fayiz Dega Adriansah

INTRIK.ID – Presiden SUSILO BAMBANG YUDHOYONO (SBY) meyakinkan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 52 Tahun 2014. Sesudah itu proyeknya dilanjutkan oleh Presiden JOKO WIDODO yang telah meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada tahun 2017. Sirkuit Mandalika tersebut bisa menjadi tuan rumah perhelatan WORLD SUPERBIKE dan MotoGP jika tak ada kendala yang menghalangi. Sirkuit Mandalika mulai dibangun pada tahun 2019 di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan PT Pengembang Pariwisata Indonesia (ITDC) juga bekerja untuk menyelesaikan fasilitas penyokong Pertamina Mandalika International Street Circuit. Pemerintah sedang membangun street circuit di Mandalika, yakni sirkuit pertama dalam area kawasan wisata dunia. Penyelenggara MotoGP, sudah memberikan kontak penyelenggaraan MotoGP tersebut selama kurang lebih 11 Tahun kepada MotoGP Indonesia. Pada hari Jum’at, 12/11/2021, Sirkuit yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini telah diresmikan oleh Presiden RI, yakni JOKO WIDODO (Jokowi). Diresmikannya sirkuit ini, Presiden yakin bahwa ajang-ajang balap kelas dunia siap untuk digelar.

Berdekatan dengan peresmian Sirkuit Mandalika, Presiden meresmikan jalan bypass yang menghubungkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dengan Bandara Lombok Internasional. Jalan tersebut mempunyai panjang sekitar 17,3 Km dan sudah siap digunakan serta akan memotong waktu tempuh antara Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dengan Bandara. Sebelum meresmikan Sirkuit Mandalika, Presiden JOKO WIDODO sempat mencoba langsung Sirkuit Mandalika menggunakan sepeda motor pribadi miliknya.

Presiden juga tidak lupa mengingatkan agar pelaksanaan ajang balap kelas dunia di Sirkuit Mandalika tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19. Kepala Negara menginginkan Sirkuit Mandalika juga bisa memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Serta meyakini ajang balap Internasional seperti WORLD SUPERBIKE dan MotoGP akan memberi dampak signifikan untuk pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Dapat diketahui, Mandalika Sirkuit berada dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang dikelola PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (PERSERO) ataupun dikenal dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). ITDC adalah bagian dari InJourney, yakni sebuah holding BUMN pariwisata serta pendukung yang secara resmi beroperasi dengan terbitnya Peraturan Pemerintah No. 104 Tahun 2021 tanggal 06 Oktober 2021. Yang menghadiri dalam acara peresmian Sirkuit Mandalika ini diantaranya Ketua MPR RI BAMBANG SOESATYO, Menteri Sekretaris Negara PRATIKNO, Menteri Perdagangan MUHAMMAD LUTFI, Menteri BUMN ERICK TOHIR, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat BASUKI HADIMULJONO, Menteri Investasi / Kepala BKPM BAHLIL LAHADALIA, Gubernur Nusa Tenggara Barat ZULKIEFLIMANSYAH, dan Direktur Utama ITDC ABDULBAR MANSOER.

Sirkuit Mandalika ini mempunyai kapasitas kursi penonton sekitar 50.000 Penonton, 138.000 tanpa kursi penonton, 40 Fasilitas Garasi, dan 7.700 Area VIP pengunjung. Setelah diresmikan oleh Presiden RI, Sirkuit ini telah digunakan untuk event ajang balap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) pada November 2021 kemarin. Sirkuit ini dapat difungsikan sebagai jalan raya sehingga Indonesia akan menjadi pelopor negara pertama yang menggelar balap MotoGP di Sirkuit jalan raya untuk pertama kalinya. Sirkuit balap sepanjang 4,3 Km yang dilapis teknologi aspal terbaru Stone Mastic Asphalt (SMA), yang terletak dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Kabarnya Sirkuit ini akan mulai digunakan untuk ajang balap motoGP kelas dunia pada bulan Maret 2022.

Sirkuit Mandalika ikut menggelar tes pramusim motoGP pada musim ini, tes digelar setelah ujicoba di Sirkuit Sepang, Malaysia. Di Sirkuit Mandalika ada 17 tikungan yang akan dilintasi oleh pembalap MotoGP serta dari segi pariwisata Mandalika Sirkuit terhubung ke enam pantai dengan garis pantai sepanjang 16 Km. Tes pramusim MotoGP digelar di Sirkuit Mandalika dimulai pada 11-13 Februari 2022.

Presiden RI menginginkan penataan fasilitas infrastruktur mengarah Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat segera tuntas pada Februari 2022. Penataan/Pembenahan fasilitas-faslitasnya yakni meliputi, penghijauan di jalur lambat lewat penimbunan tanah, penanaman rumput segar dan pohon Trembesi, Pule, dan Jati. Selain itu, penghijauan di median jalan lewat penanaman rumput dan pohon Tabebuya, Pule, dan Bugenvil. Presiden juga mengharapkan supaya pengembangan kawasan Mandalika tersebut tidak Cuma terkait dengan ajang balap sepeda motor, tetapi juga perlu dipastikan memberi efek perkembangan ekonomi kepada masyarakat setempat.(*)