Menggunakan CAT Primadona, Calon Anggota KI Babel Jalani Tes Potensi

IMG 20220221 WA0004 1

INTRIK.ID, BABEL – Sebanyak 17 peserta mengikuti Tes Potensi Calon Anggota Komisi Informasi atau KI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2022-2026.

Tes Potensi yang berlangsung di Ruang Computer Assisted Test (CAT)  Lantai 4 Kantor Gubernur itu menggunakan metode CAT Primadona (Pribadi yang Mantap dan Dominan Dimana-mana) milik BKPSDMD Babel.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Babel, Sudarman para peserta merupakan hasil seleksi administrasi. Dari 46 pelamar, 18 peserta dinyatakan lolos sebagai calon anggota Komisi Informasi.

Namun pada saat penyelenggaraan tes kompetensi, rapid test antigen satu peserta menunjukkan hasil positif/reaktif, sehingga harus dilakukan ujian susulan yang akan ditentukan kemudian hari.

Ia juga mengatakan bahwa Pemprov Babel saat ini oleh pemerintah pusat dinobatkan sebagai provinsi yang informatif. Namun hal ini belum diikuti oleh Kabupaten/Kota.

“Saat ini Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan provinsi yang informatif, namun belum diikuti oleh Kabupaten/Kotanya. Untuk menuju Kabupaten/Kota yang informatif juga merupakan salahsatu tugas dari Komisi Informasi” jelasnya.

Selain itu, Komisi Informasi juga mempunyai tanggung jawab untuk mengawal keterbukaan informasi khususnya di seluruh Perangkat Daerah di Lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Diharapkan, KI dapat mendampingi perangkat daerah, dalam memberikan informasi kepada pihak yang membutuhkan informasi tersebut.

Sebelumnya, Komisioner Komisi Informasi Pusat yang sekaligus Anggota Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Cecep Suryadi mewakili Ketua Tim Seleksi, Dharma Sutomo menyampaikan, bahwa moment ini dapat dijadikan pembuktian bagi para peserta untuk benar-benar layak menjadi seorang komisioner KI.

Pihaknya juga berharap kedepan Komisoner KI Kepulauan Bangka Belitung adalah Komisoner yang cakap, artinya dapat berkomunikasi dengan baik kepada siapapun, serta mampu memimpin lembaga ini secara independen dan profesional. (red)