Lewat Karyanya, Gubernur Yakin Pelajar SMAN 1 Manggar Mampu Baca Peluang

IMG 20220204 WA0010 1

INTRIK.ID, BABEL – Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman terpukau dengan penampilan karya seni tari dan musik yang dipertunjukkan para pelajar SMA Negeri 1 Manggar pada grand final “Semarak Merdeka Berkarya” Jumat (3/2/22).

Bagaimana tidak, para siswa menampilkan berbagai jenis tarian nasional dari berbagai daerah di Indonesia, dan juga tarian kolosal persembahan grup angkatan 39 SMA Negeri 1 Manggar.

Tak hanya itu, kolaborasi musik modern dan angklung, serta beberapa pertunjukan seni lainnya di pentas yang diselenggarakan Honda melalui program Honda Osis Challenge juga membuat gubernur bangga.

“Dengan banyaknya kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan kreativitas anak bangsa ini, saya yakin dan percaya anak-anak SMA Negeri 1 Manggar ini Insya Allah dapat membaca peluang ke depan,” ujarnya Erzaldi.

Menurutnya, karya yang ditunjukkan siswa-siswi SMA Negeri 1 Manggar tersebut menjadi bukti kekayaan kreativitas pada sumber daya manusia (SDM) di sekolah, khususnya para pelajar.

“Terus kita dorong (kegiatan) ini, karena anak-anak bangsa ini harus dapat menghadapi tantangan globalisasi dan tantangan teknologi yang semakin maju. Kalau mereka biasa-biasa saja kasian mereka. Mereka juga harus tampil menjadi anak-anak yang luar biasa. Itulah kunci kita menghadapi tantangan ke depan,” ujarnya.

“Apa-apa yang telah mereka pelajari selama ini tidak sekadar hanya teori, tetapi juga pembelajaran hati, karakter, attitude mereka. Semua itu didasari juga dengan akhlak, attitude dan iman. Sehingga, ke depan mereka akan berhasil mengimplementasikan pengabdiannya kepada masyarakat dengan baik,” katanya.

Gubernur Erzaldi juga memberikan apresiasi kepada para guru sebagai pendamping, yang dinilainya telah berhasil mendidik para siswa. Tidak hanya itu, kekompakan juga diperlukan antara guru, wali siswa, yayasan, maupun komite untuk terus menumbuhkembangkan kreativitas, serta akademik para siswa secara maksimal.

“Saya apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terus mendorong, terutama SMA/SMK untuk membuat siswa-siswinya lebih kreatif. Ke depan tantangan berat, dukungan perlu sangat dibutuhkan. Hari ini alhamdulillah di sini (SMA Negeri 1 Manggar) sudah menerapkan itu. Siswa didorong berpikiran besar, dan dibiasakan berusaha,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Belitung Timur Burhanuddin, juga memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Semarak Merdeka Berkarya yang diikuti seluruh SMA/SMK se Pulau Belitung. Ia berpesan para siswa mampu membuktikan diri sebagai penerus bangsa yang berkualitas menyongsong era 5.0, dengan menyiapkan diri dengan prestasi, berpikir, bertindak, dan berkreasi dengan baik.

“Mari manfaatkan dunia teknologi sebaik-baiknya jangan melakukan hal jelek, namun menyerap teknologi yang santun sehingga menciptakan generasi emas, dan menanamkan disiplin. Jauhi narkoba dan bersikap arif dan sopan untuk keberlangsungan daerah,” pungkasnya.(red)