Ikuti Rakor Penanganan Omicron, Erfian: Kita Harus Siap

IMG 20220209 WA0001
Foto: Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian saat mengikuti rapat koordinasi dengan provinsi Babel terkait penanganan kasus covid 19 varian Omicron.(Erwin/INTRIK.ID)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan Rapat Koordinasi antisipasi penanganan dan pengendalian penyebaran Covid-19 varian Omicron di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Rakor ini diikuti secara virtual oleh Wakil Bupati Bangka Tengah Heri Erfian dari Smart Meeting Room Pemkab Bateng, Selasa (08/02/2022).

Virus Covid-19 varian Omicron yang muncul disebutkan lebih penularannya lebih cepat dari virus varian lainnya. Pemerintah perlu waspada dan mengambil langkah cepat dalam penanganan dan pengendalian untuk mengantisipasi penyebaran virus varian ini terkhusus di Kepulauan Bangka Belitung.

dr. Andri Nurtito selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) mengatakan bahwa setiap kabupaten yang ada di Bangka Belitung harus mempersiapkan segala sesuatu untuk pencegahan omicron.

Sementara itu Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Yanuar mengatakan hal yang sama.

“Baik provinsi, kabupaten dan kota untuk mempersiapkan peralatan kesehatan, tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, kemudian segera menyelesaikan vaksin tahap ke ll dan vaksin booster apabila sudah mencapai waktu 6 bulan,” Ucap Yanuar

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Bateng Heri Erfian mengatakan pemerintah dan masyarakat harus bersinergi agar mampu meningkatkan koordinasi dalam mengantisipasi meluasnya virus varian Omicron.

“Bisa disosialisasikan juga ciri-ciri Omicron kepada masyarakat khususnya di Bangka Tengah sehingga mereka juga bersedia divaksin,” ujar Erfian.

Ia juga menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah telah mendapat arahan dari Presiden jokowi dan Gubernur sehingga pemerintah harus lebih siap.

“Kita sudah dapat arahan dari Gubernur Babel dan arahan langsung dari Presiden satu hari sebelumnya. Maka dari itu bagaimana kita memacu peningkatan capaian vaksinasi, berupaya bisa menyosialisasikan dan memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang virus Covid-19 varian Omicron,” tambanya.

Laporan Erwin/INTRIK.ID