Dua Titik Lahan Kosong di Bateng Terbakar

IMG 20220228 WA0000
Foto: Tim Damkar Bateng saat berusaha memadamkan api.(ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Kebakaran lahan di Bangka Tengah kembali terjadi, Senin (28/2/2022). Dalam sehari, dua titik lahan kosong habis dimakan si jago merah.

Yang pertama terjadi di Jalan Kuala Namu Berok sekitar 18.37 WIB. Bahkan lahan seluas 1 hektar tersebut dua kali terbakar dihari yang sama.

Informasi yang didapat dari warga sekitar, lahan tersebut milik salah satu warga Sungailiat yang direncanakan akan dijadikan lahan kavling dan memang akan dibersihkan keesokan harinya.

Namun belum sempat dibersihkan, lahan tersebut dibakar oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Tim Damkar Bateng dan BPD pun langsung turun untuk memadamkan api.

Titik kedua terjadi di Pantai Tanjung Langka Padang Mulia. Lahan seluas 5 hektar itu terbakar sekutar pukul 12.55 WIB.

Komandan Tim Pemadam Kebakaran, Sugianto seizin Kabid Damkar mengatakan lahan tersebut memang sengaja dibakar oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk membersihkan puing-puing kayu setelah tanah tersebut di bersihkan.

“Kemungkinan lahan ini sengaja dibakar oknum tidak bertanggung jawab yang tidak mau lama membersihkan lahan. Apinya besar dan dekat dengan rumah warga serta jalan raya. Ini yang membuat berbahaya,” ungkapnya.

Ia menambahkan membersihkan lahan dengan cara dibakar memang cepat tapi berbahaya untuk masyarakat sekitar.

“Membersihkan lahan memang sangat cepat dengan cara dibakar, tetapi itu berbahaya. Bukan hanya api yang bisa menjalar tapi juga asap yang bisa merusak pernapasan dan juga kecelakaan,” terangnya.

Sugianto berharap agar masyarakat tidak membersihkan lahan dengan cara dibakar karena sangat merugikan orang banyak.

“Jika memang ingin membebaskan lahan dengan cara dibakar, masyarakat tetap bertanggung jawab agar api tidak menyebar dan asap tidak merugikan orang-orang,” tegasnya.

Laporan Erwin/INTRIK.ID