Berkunjung ke Bangka Tengah, Yani Ingin Kenalan dengan Bupati

IMG 20220203 WA0004
Foto: Rombongan Kantor Bahasa saat berkunjung ke Kantor Bupati Bangka Tengah.(ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kunjungan dan Audiensi ke Kabupaten Bangka Tengah (Bateng). Kunjungan tersebut disambut hangat Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Ruang Kerjanya, Selasa (02/02/2022).

“Kita berterima kasih atas kunjungan Kantor Bahasa Provinsi Babel yang dimana hal ini sangat baik untuk sinergitas khususnya dalam pembinaan dan pengawasan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik di Kabupaten Bangka Tengah,” ujar Algafry.

Ia menambahkan bahwa kunjungan Kantor Bahas ke Negeri Selawang Segantang itu ingin bekerjasama dan menindaklanjuti program yang dibawa oleh Kantor Bahasa.

“Kami selalu terbuka untuk bekerja sama dengan Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam hal pembinaan dan pengawasan penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik dengan baik,” tambahnya.

Yani Paryono selaku Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menambahkan bahwa silaturahmi ini untuk berkenalan dengan Bupati Bangka Tengah mengingat dirinya baru beberapa hari menjabat.

“Kedatangan kami sekaligus untuk memperkenalkan program kebahasaan dan kesastraan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bangka Tengah,” tutur Yani.

Ia juga mengatakan pada tahun 2012, ada 296 lembaga pemerintah di luar negeri yang proses pembelajarannya menggunakan Bahasa Indonesia. Arah dan tujuan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2009 diperkuat dengan Perpres 93 Tahun 2019 bahwasanya Bahasa Indonesia diharapkan menjadi bahasa internasional.

“Oleh karena itu kita diminta terkait dengan Nawacita Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, untuk memulai karakter bangsa dan bahasa di ruang publik,” ujar Yani.

Ia juga menyebutkan, tahun lalu telah melakukan penerjemahan dari cerita rakyat ke sastra Bangka, tetapi masih pilot project, dan tahun ini akan dilaksanakan.

“Selain itu, kami juga ada Kelompok Kerja Layanan Profesional, pengembangan dan perlindungan bahasa dan sastra yang tahun lalu dikerjakan dan Kabupaten Bangka Tengah juga termasuk yang membuat kajian toponimi dari cerita rakyat dengan turun ke lapangan tahun lalu. Kami juga telah mengambil sampel untuk ini dan masih dalam proses penerbitan,” jelasnya.

Yani menambahkan bahwa Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditunjuk sebagai koordinator literasi di Kepulauan Bangka Belitung terkait literasi dasar dan baca tulis.

 

Laporan : Erwin (INTRIK.ID)