BAZNAS Bateng Canangkan 5 Program di Tahun 2022

IMG 20220207 WA0001 1
Foto: Wakil Ketua BAZNAS Bateng, Djuanda.(ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bangka Tengah mencadangkan lima program bantuan untuk masyarakat dari berbagai sektor di tahun 2022.

Wakil Ketua BAZNAS Bateng, Juanda Kiatman mengatakan program tersebut meliputi sektor kesehatan, pelatihan spiritual, bantuan usaha modal dan bantuan biaya hidup para mustahiq.

“Ada program Bateng Cerdas, Bateng Peduli, Bateng Makmur, Bateng Taqwa dan Bateng Sehat. Program ini merupakan program rutin yang kita canangkan untuk masyarakat Bangka Tengah,” ungkapnya, Senin (7/2/2022).

Ia menjelaskan program Bateng Cerdas merupakan bantuan untuk siswa SD dan SMP dalam biaya peralatan sekolah. Sementara program Bateng Peduli merupakan program untuk membantu masyarakat yang belum pernah menerima bantuan sebelumnya.

“Untuk Bateng Peduli ini kita survey dulu dan mencari orang-orang yang belum terjamah BAZNAS untuk dibantu. Bateng Makmur dimana program ini untuk bantuan usaha modal, Bateng Taqwa untuk mengundang DAI atau acara spiritual lainnya untuk masyarakat dan terakhir Bateng Sehat untuk membantu masyarakat meringankan biaya pengobatan,” terang Juanda.

Namun untuk saat ini, ia mengatakan baru program Bateng Cerdas saja yang sudah berjalan.

“Tahun ini kita sudah memberikan beasiswa kepada 10 anak setiap sekolah. Semoga hadirnya BAZNAS di tengah masyarakat bisa membantu, kita akan selalu berupaya berguna untuk semua. Apalagi ini bersangkutan tentang umat, jadi kami akan berusaha semaksimal mungkin dan pastinya bantuan media untuk mempublikasikan agar BAZNAS lebih dikenal khalayak ramai,” tambahnya.

Juanda juga berharap dengan adanya pemberitaan ini bisa mengedukasi masyarakat tentang BAZNAS sehingga mampu memberi kontribusi untuk membantu sesama.

Laporan Erwin/INTRIK.ID