Bateng Akan Gunakan Aplikasi SIPD

IMG 20220201 WA0003
Foto: ist

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian resmi membuka kegiatan Asistensi Penginputan Hasil Musrenbang Tingkat Desa dan Kelurahan dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) di Soll Marina Hotel, Senin (31/01/2022).

Dalam sambutannya ia mengatakan Musrenbang RKPD Kabupaten Bangka Tengah tahun ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi SIPD yang dirancang oleh Kemendagri.

Berdasarkan Permendagri Nomor 70 Tahun 2018 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah, dimulai dengan penginputan usulan hasil pelaksanaan Musrenbangdes kedalam SIPD.

Erfian berharap seluruh perangkat desa yang hadir hari ini mampu mengoperasikan dan menjalankan penginputan dengan baik dan benar lewat asistensi ini.

“Penginputan hasil Musrenbangdes tahun ini akan diinput oleh Kepala Desa dan Lurah menggunakan user akun masing-masing. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini bisa menjamin transparansi yang diharapkan serta akuntabilitas yang tinggi serta perencanaan yang lebih terstruktur Penggunaaan aplikasi ini diharapkan akan menjamin transparansi dan akuntabilitas yang lebih efisien dan perencanaan yang lebih terstruktur,” ungkapnya.

Erfian juga menambahkan, tujuan pelaksanaan asistensi ini agar dapat meningkatkan kapasitas Aparatur Desa serta dapat meningkatkan kualitas perencanaan di tingkat desa dan kelurahan sehingga usulan kegiatan prioritas yang disampaikan dapat terakomodir dengan baik dan sinkron dalam kegiatannya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pemerintah desa agar lebih baik lagi dalam memprioritaskan program pembangunan desa dengan usulan yang lebih berkualitas dan baik. Ditambah dengan adanya aplikasi ini diharapkan seluruh program benar-benar tepat sasaran,” jelasnya.(Erwin)