20 Pemuda Koba Ikuti Pelatihan dari Juleha

IMG 20220212 WA0001
Foto: Juleha Babel saat memberikan instruksi kepada peserta.(Erwin/INTRIK.ID)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Masjid Silahturahim mengadakan acara Pelatihan Asah Bilah Dasar penyembelihan hewan di Masjid Silahturahim Koba Sabtu (12/2/2022).

Dalam acara tersebut hadir Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman dan Camat Koba, Ema serta diikuti 20 peserta untuk mendapat pelatihan asah bilah ini.

Dalam pidatonya, Nanang Lasmana selaku Ketua Juru Sembelih Halal atau Juleha Bangka Belitung mengatakan pihaknya menjadi penanggung jawab dan koordinasi dalam penyembelihan hewan di Bangka Belitung.

“Juleha dipercaya dalam melatih dan koordinasi dalam memotong hewan di Bangka Belitung. Kami akan berusaha agar setiap daerah bahkan sampai ke tingkat RT pun ada juru sembelih halal,” ungkapnya.

Nanang juga menambahkan bahwa yang mengikuti pelatihan ini akan mendapat sertifikat sehingga sudah resmi bisa langsung turun ke lapangan langsung.

“Nanti yang ikut akan mendapat sertifikat dan bisa digunakan bahkan sampai keluar negeri. Saya juga berharap pelatihan ini bisa diajarkan sampai ke tingkat menyembelih di rumah,” terangnya.

Sementara itu Ustadz Aidil Imam Masjid Silaturahim sekaligus Dewan Penasihat Juleha Bangka Belitung Koba mengatakan bahwa juru sembelih hadir agar masyarakat dapat mendapat ilmu yang baik dalam menyembelih hewan.

“Juru sembelih halal hadir untuk melanjutkan ajaran Nabi Muhammad SAW karena memang kita harus berlaku baik kepada makhluk ciptaan ALLAH SWT dan menyembelih memang sudah diajarkan Rasulullah SAW agar hewan yang kita sembelih tidak tersakiti serta dagingnya halal dimakan untuk seluruh umat manusia,” jelas Aidil.

Laporan Erwin/INTRIK.ID