PUPR Pangkalpinang Ujicoba Pompa Mobile

IMG 20220105 WA0082 e1641393710656
Foto: Tim PUPR Pangkalpinang saat melakukan ujicoba alat pompa mobile di belakang Puncak Mall.(ist)

INTRIK.ID, PANGKALPINANG — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pangkalpinang melakukan ujicoba alat pompa mobile untuk mengatasi banjir di Kota Pangkalpinang, Rabu (5/1/2022).

Kepala Dinas PUPR Kota Pangkalpinang, Miego mengatakan ujicoba alat tersebut dilaksanakan di belakang Puncak Mall Pangkalpinang untuk melihat kekurangannya.

“Hari ini kami melakukan uji coba pompa mobile untuk melihat apa yang kurang dan menjadi kendalanya, sehingga pada pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Miego sengaja turun langsung untuk melihat simulasi antisipasi banjir agar bisa segera teratasi jika terjadi genangan di beberapa titik di Kota Pangkalpinang.

“Ini juga merupakan simulasi, ketika terjadi genangan air, kita sudah siap untuk mengantisipasi. Mesin ini memiliki daya sedot air sebanyak 100 liter per detik,” ujarnya.

Ia mengatakan ada sekitar 25 titik genangan air di Pangkalpinang namun tidak semuanya rawan. Salah satu wilayah rawan yakni ada di daerah Jalan KH Cholid Samid dimana tempat uji coba pompa air saat ini.

Setelah ujicoba tersebut, pihaknya akan segera membuat rumah pompa agar bisa digunakan dalam antisipasi banjir di Kota Pangkalpinang.

“Selain pompa mobile, kita juga menambah pompa mini untuk ditempatkan di beberapa kecamatan. Tahun ini kita juga menganggarkan pembuatan rumah pompa. Kami berharap, dengan adanya pompa mobile ini, saat Pangkalpinang diguyur hujan lebat dan kondisi air laut pasang debit air dapat surut lebih cepat,” tegas Miego.(*)