Pemkab Bangka Mulai Jalankan Vaksin Ketiga

9C84A8CF A6EE 4BF5 B070 16FEBB62112D
Foto: ist

INTRIK.ID, BANGKA — Pemerintah Kabupaten Bangka mulai melaksanakan vaksinasi tahap ketiga atau booster untuk masyarakat umum.

Booster vaksin tersebut diberikan kepada masyarakat yang berusia diatas 18 tahun ke atas dan sudah menerima vaksin pertama dan kedua.

“Besok sudah kita laksanakan (vaksin booster-red). Tapi vaksin ini bisa kita berikan kalau sudah menerima vaksin kedua minimal enam bulan lalu,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti, Selasa (11/1/2022).

Ia juga mengatakan bahwa vaksinasi booster tersebut diprioritaskan untuk kalangan lansia dan kelompok rentan atau immunocompromised.

“Vaksin booster ini kita siapkan AstraZeneca dan bagi yang vaksin pertama dan keduanya menggunakan Sinovac,” terangnya.

Ia juga memastikan program booster vaksin Covid-19 ini akan diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat.

“Tujuannya untuk melindungi masyarakt dari Covid-19 dan varian-variannya,” jelas dr Then.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Bangka, Boy Yandra mengatakan bahwa vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Bangka kini sudah mencapai 76,41 persen. Angka tersebut sudah melebihi target yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Untuk dosis pertama sudah 194.976 orang atau 76,41 persen. Sedangkan untuk dosis kedua sebanyak 148.086 orang atau 58.04 persen,” jelas Boy.(red)