Scroll untuk baca artikel
Provinsi Bangka Belitung

Kukuhkan Kepala Perwakilan BPKP yang Baru, Wagub: Terus Berikan Kontribusi Nyata

117
×

Kukuhkan Kepala Perwakilan BPKP yang Baru, Wagub: Terus Berikan Kontribusi Nyata

Sebarkan artikel ini
IMG 20220117 WA0010

INTRIK.ID, BABEL – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah mengukuhkan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan atau BPKP yang baru, Faeshol Cahyo Nugroho, di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur, Senin (17/1).

Faeshol Cahyo Nugroho, menggantikan posisi Ikhwan Mulyawan yang berpindah tugas menjadi Direktur Pengawasan Bidang Politik dan Penegakan Hukum BPKP. Dalam pengukuhan tersebut disaksikan langsung oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi, Agustina Arumsari.

Wagub mengatakan, pergantian pejabat adalah suatu dinamika organisasi dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya memperkaya pengalaman tugas, memperluas wawasan dan pengetahuan, maupun pengembangan karier. Hal demikian juga berlaku di lingkungan BPKP Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga atas semua sumbangsih yang telah diberikan selama mengabdi di Bumi Serumpun Sebalai. Semoga semua itu, bukan saja bermanfaat bagi perkembangan Pemprov Babel pada saat ini, namun juga di masa mendatang,” ujar wagub kepada Ikhwan Mulyawan.

Lebih lanjut dirinya juga mengatakan bahwa BPKP sebagai pengemban tugas pelaksanaan pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan negara dan daerah, serta pelaksanaan kegiatan pengawasan kebendaharaan umum diharapkan terus berkomitmen dan senantiasa memberikan bantuan konsultasi serta penjaminan kualitas dalam rangka membantu daerah meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Sehingga, harap Wagub, agar perwakilan BPKP Babel dapat semakin bersinergi dengan Pemprov Babel beserta Pemkab dan Pemkot dalam rangka mencapai penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

Untuk menjaga keberlangsungan hal-hal yang sudah baik, tak lupa wagub menekankan peran Aparat pengawasan Intern Pemerintah atau APIP yang seyogyanya mampu membawa angin segar dalam mencapai nilai, tujuan dan sasaran utama melalui proses quality assurance dan keterlibatan pengawas internal mengarahkan manajemen dalam mengelola organisasi.

“Selamat bertugas, semoga dibawah kepemimpinan bapak, perwakilan BPKP dapat terus memberikan kontribusi nyata dalam pelaksanaan tugas pengawasan di Bangka Belitung,” tutupnya.

Sementara itu, Deputi Kepala Bidang Investigasi Agustina Arumsari berharap dengan kerjasama dan sinergitas antara Perwakilan BPKP Babel dengan berbagai stakeholder yang sudah terjalin baik selama ini, akan semakin baik. Seperti telah melaksanakan pengawasan terhadap program pemerintah yang menjadi prioritas, salah satunya adalah pengawasan atas penanganan dampak pandemi Covid-19, yakni program vaksinasi Covid-19.

“Selain itu, koordinasi dan sinergi dengan aparat penegak hukum juga berjalan dengan baik sebagai upaya pemberantasan tindak pidana korupsi melalui strategi preemtif, preventif, dan represif,” ungkapnya.

Disamping itu, Perwakilan BPKP Babel bersama BUMN, BUMD, BLUD dan BUMDES bersinergi dalam mendorong penguatan tata kelola pemerintahan guna mewujudkan tercapainya sasaran pokok pembangunan secara akuntabel, efektif, dan efisien.

Dalam menghadapi perubahan lingkungan yang semakin cepat, Agustina menyampaikan beberapa arahan Kepala BPKP, yakni dahulukan pengawasan prioritas yang berdampak besar untuk masyarakat dan stakeholder utama BPKP, antisipasi isu strategis dan eskalasi hasil pengawasan ke tingkat yang lebih strategis, kuatkan kolaborasi dan sinergi antar unit kerja.

Dalam acara pengukuhan tersebut, turut dihadiri Forkopimda Babel, Bupati Bangka Barat, Bupati Bangka Tengah, Bupati Belitung, Wakil Bupati Bangka Selatan, Sekda Babel, serta pejabat instansi vertikal. (red)